Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BLT Dana Desa Tahap Empat di Kudus Cair September, Nilainya Turun Jadi Rp 300 Ribu

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kudus memastikan pencairan bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap empat bakal berjalan bulan ini. Nominal yang diberikan yakni sebesar Rp 300 ribu, atau setengah dari tahap sebelumnya.

Hanya, cepat atau lambatnya adalah tergantung dari musyawarah desa (musdes) di masing-masing desa. Musyawarah tersebut adalah terkait perubahan APBDes untuk BLT DD tahap empat.

“Untuk tahap tiga sudah semuanya, jadi tinggal menunggu masing-masing desa musdes dulu. Rata-rata belun menyusun perubahan,” kata Kasi Keuangan dan Aset pada dinas PMD Kudus, Slamet, Selasa (1/9/2020).

Ia mengakui jika nominal BLT DD tahap empat ini setengah dari dari bantuan sebelumnya, yakni sebesar Rp 300 untuk tiga kali. “Sebelumnya kan Rp 600 ribu, ini setengahnya, jadi Rp 300 ribu,” rincinya.

Pada pencairan BLT DD tahap tiga sendiri, Slamet mengatakan jika 123 desa telah mencairkan semuanya. Yang palaing akhir mencairkan, adalah Desa Klumpit dan Gamong. “Pencairannya pada Selasa pekan lalu,” kata dia.

Sementara itu, pada penyaluran bantuan BLT DD ketiga kemarin, penerimanya sebanyak 23.304 orang. Dengan total bantuan yang dikucurkan sebanyak Rp 13,9 miliar.

“Ada sebanyak 23 KK yang mengembalikan, total bantuan yang dikembalikan sebesar Rp 13,8 juta,” jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah penerima bantuan di masing-masing desa, memang berbeda-beda. Tergantung Dana Desa yang dimiliki masing-masing desa.

Untuk Dana Desa di bawah Rp 800 juta per tahun maksimal 25 persen dialokasikan BLT. Sementara dana desa Rp 800 juta sampai dengan Rp 1,2 miliar maksimal 30 persen. Kemudian jika di atas Rp 1,2 miliar maka alokasi maksimalnya 35 persen.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...