Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bantuan Kuota Internet untuk Siswa di Jepara Masih Direkap

MURIANEWS, Jepara – Pengajuan data bantuan kuota internet siswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jepara masih terus dilakukan.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Jepara saat ini bahkan masih terus memantau dan mengawasi proses tersebut.

Kepala Disdikpora Jepara, Agus Tri Harjono menyatakan, program ini merupakan program langsung dari Kemendikbud. Masing-masing sekolah melalui operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik)-nya, mendata nomor hand phone (HP) siswa di maing-masing jenjang pendidikan.

Baca: Selesai Diinput, 145.304 Siswa di Pati Didaftarkan Subsidi Kuota Gratis Selama Empat Bulan

Selanjutnya data tersebut akan dikirim langsung secara online melalui link yang sudah disediakan oleh Kemendibud.

“Jadi dalam program ini, kami Disdikpora sifatnya hanya memantau, mengawasi dan memastikan data-data yang dikirimkan masing-masing sekolah benar-benar telah sesuai. Jangan sampai ada siswa yang membutuhkan justru malah tidak mendapatkan bantuan ini,” ujar Agus ri Harjono, Selasa (1/9/2020).

Sampai sejauh ini, di Kabupaten Jepara, untuk proses pendataan sudah dilaksanakan oleh masing-masing operator Dapodik. Dari hasil pantauan Disdikpora Jepara, data-data tersebut sedang dalam proses rekap, dan dilaporkan melalui online ke Kemendikbud.

Baca: Siswa SMP Karimunjawa Minta Lab Komputer ke Ganjar

Sehingga nantinya yang menentukan berapa kuota internet yang akan dibantukan ditentukan langsung oleh pihak Kemendibud.

Ia menambahkan, program bantuan kuota internet, merupakan program dari Kemendikbud, melihat perkembangan pandemi Covid-19 yang sedang terjadi.

Disdikpora Jepara, dalam hal ini hanya diminta menyampaikan kepada masing-masing sekolah, untuk melakukan pendataan dan menginventarisir nomer HP siswa. Program ini berlaku untuk semua sekolah, baik negeri maupun swasta.

Baca: Kabel Jaringan Internet Swasta di Jepara Dibongkar Petugas

“Jadi seperti itu alurnya. Direct langsung ke Kemendikbud. Kami Disdikpora hanya menyampaikan instruksi dari Kemendikbud dan kemudian memberikan pengawasan dalam pelakasanaannya,” tambah Agus Tri Harjono.

Untuk perkiraan berapa jumlah yang akan diajukan ke Kemendikbud, Agus Tri Harjono belum bisa memastikan. Namun jika didasarkan pada jumlah siswa seluruh sekolah, maka ada sekitar 90 ribu siswa SD dan 29.000-an siswa SMP di Jepara.

Jumlah ini belum termasuk siswa sekolah swasta dan PAUD. Sedangkan untuk siswa SMA, saat ini menjadi kewenangan pihak Disdikbud Provinsi Jawa Tengah. Sementara untuk sekolah-sekolah dibawah Kementrian Agama (Kemenag), pihaknya juga tidak bisa memastikan berapa jumlahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...