Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perkuat Pengetahuan Aswaja An Nahdliyyah, PCNU Pati Luncurkan Madrasah Literasi

MURIANEWS, Pati – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati meluncurkan program madrasah literasi aswaja. Hal ini sebagai pondasi awal agar warga NU paham betul aswaja an nahdliyyah.

Penggagas Madrasah Literasi Aswaja Jamal Ma’mur mengatakan, program ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan mengedukasi publik tentang urgensi memahami Aswaja an- Nahdliyyah. Apalagi saat ini kita tengah dikepung ideologi liberalisme dan fundamentalisme.

“Madrasah adalah tempat belajar dan menimba ilmu. Dedangkan literasi adalah kegiatan untuk mendorong warga NU untuk latihan menulis, membaca tentang pengetahuan Ahlussunnah waljamaah,” katanya.

Dengan adanya Madrasah Literadi Aswaja ini, diharapkan kader-kader muda NU paham pengetahuan dan diskusi tentang Aswaja. Nantinya kader muda NU akan melanjutkan perjuangan, meneruskan cita – cita para Kiai.

“Bahwa pemahaman aswaja an nahdliyyah memang harus diterapkan sejak dini. Sehingga, program ini sangat bermanfaat untuk menbentengi warga NU dari bahaya radikalisme,” imbuhnya.

Sementara Ketua PCNU Kabupaten Pati, KH Yusuf Hasyim menambahkan, program Madrasah Literasi Aswaja membuat warga NU dapat melakukan transformasi komunikasi. Termasuk didalamnya adalah transfer ilmu lewat media sosial dengan pemanfaatan teknologi yang ada.

“Madrasah Literasi Aswaja terfokus pada materi pendekatan Aswaja dengan tujuan merawat gerakan-gerakan Aswaja an-Nahdliyyah di tengah masyarakat atau merespon kondisi saat ini dengan pendidikan Aswaja,” terangnya.

Program ini diharapkan untuk bisa mencerahkan umat dan bangsa di tengah masa pandemi Covid-19. Program ini akan berlangsung selama kurang lebih 4 bulan karena materi Aswaja akan diberikan tiap lembaga NU secara bergantian.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...