Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Festival Mural di Pengkoljagong Blora Berakhir, Ini Daftar Juaranya

MURIANEWS, Blora – Festival Mural yang dilangsungkan di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Blora secara resmi ditutup, Senin (31/8/2020). Penutupan festival mural yang berlangsung sejak 20 Agustus 2020 itu dilakukan Wakil Bupati Blora Arief Rohman.

Dalam kesempatan itu, Arief Rohman mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang mampu mengumpulkan lebih dari 40 perupa se-Jawa dan DIY tersebut. Menurutnya, Kades Pengkoljagong Sugiyono bisa dikatakan nekat namun dalam konteks yang positif.

“Bisa dibilang, Mas Kades Sugiyono ini, Kades Bonek alias bondo nekat. Bikin acara semeriah ini tanpa meminta bantuan pemkab, hanya pemberitahuan. Kita apresiasi ini. Semoga ke depan, Desa Pengkoljagong menjadi Desa Wisata, Desa Sapta Pesona,” ucapnya.

Usai prosesi penutupan, Arief berkesempatan meninjau sejumlah spot mural karya para peserta festival. Ia berharap dengan banyaknya spot mural yang ada, dapat menjadi daya tarik bagi penikmat seni atau wisatawan untuk berkunjung ke Desa Pengkoljagong.
“Ada lebih dari 70 spot selfie yang bisa menarik perhatian teman-teman muda dan masyarakat seni. Ini luar biasa. Justru ini lebih terasa seninya karena dibuat oleh seniman-seniman ternama,” pungkasnya.

Kades Pengkoljagong Sugiyono mengaku sangat bergembira dengan suksesnya perhelatan ini. Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para seniman lukis dan pemural yang telah memeriahkan festival tersebut.

“Ada lebih dari 70 panel mural yang berhasil diselesaikan. Mungkin ini merupakan jumlah panel terbanyak yang berhasil diselesaikan dalam kompetisi mural. Semoga ke depan, kegiatan ini dapat menjadi even tahunan di desa kami,” harapnya.

Sementara itu, dalam festival yang berlangsung selama sepuluh hari tersebut akhirnya terpilih beberapa karya mural terbaik berdasarkan penilaian dewan juri. Untuk dewan juri ini terdiri dari dua praktisi seni rupa dan satu orang dari Dinporabudpar Blora.

Baca: Festival Mural Jadi Cara Desa Pengkoljagong Blora Sosialisasikan Perdes Lingkungan Hidup

Untuk juara I diraih oleh Andika dan tim dari Cepu, juara II diraih Mei Candra dan tim dari Doplang dan juara III didapat Agus Suryanto dan tim dari Blora.

Kemudian, pemural asal Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat bernama Agus Mulyana alias Ghaust Sedenk berhasil melukis pada delapan panel mural dan dinyatakan sebagai pemenang kompetisi mural terbanyak.

Sedangkan pemural asal Kota Magelang atas nama Subki berhasil melukis pada langit-langit bangunan.

Panel tersebut merupakan langit-langit gedung BUMDes Jaya Abadi dan langit-langit kantor Kades Pengkoljagong. Atas pencapaian ini, Subki berhasil memenangkan kompetisi mural tersulit.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...