Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Besok, 1.045 Petugas Sensus di Pati Bakal Datang ke Rumah-Rumah, Ini yang Dilakukan

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 1.045 petugas sensus pendukuk, bakal mendata seluruh warga Kabupaten Pati. Mereka akan melakukan wawancara sekaligus pendataan ekonomi warga selama 15 hari terhitung mulai besok (1/9/2020) hingga 15 September 2020 mendatang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati Anang Sarwoto mengatakan, sensus wawancara ini merupakan tindak lanjut dari sensus penduduk online. Semua warga Pati, mulai besok akan didatangi petugas untuk dilakukan pendataan.

“Total ada 1.045 petugas yang terjun ke lapangan mulai 1-15 September. Mereka sudah kita rapid test dan hasilnya nonreaktif. Mereka juga dilengkapi dengan protokol kesehatan,” katanya, Senin (31/8/2020).

Dia menyebutkan, sensus penduduk kali ini akan berbeda dengan sebelumnya. Fariabel yang digunakan juga lebih singkat. Apalagi petugas tidak diperbolehkan bertatap muka lebih lama dengan warga.

“Fariabelnya kami sederhanakan. Jadi, nanti petugas hanya memberikan beberap pertanyaan dan melakukan pendataan semua orang yang ada di dalam rumah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ada sekitar 1,3 juta penduduk yang terregistrasi dalam data BPS. Sebanyak jumlah itu lah yang nanti akan didatangi. Termasuk apabila nantinya ada penambahan ataupun pengurangan keluarga.

“Dari data itu, kan kita belum tahu apakah hingga saat ini ada yang meninggal atau tidak, ada yang pundah luar daerah dan lain sebagainya,” terang Anang.

Sementara bagi penduduk yang sudah melakukan sensus online, akan tetap didatangi petugas. Hanya, sifatnya sebatas untuk memastikan jumlah keluarga yang sudah diinput sebelumnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...