Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Petugas Sensus di Kudus Juga Diperintahkan Sosialisasi Protokol Kesehatan

MURIANEWS, Kudus – Mulai Selasa (1/9/2020) besok, para petugas yang telah direkrut Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus akan datang ke rumah-rumah warga untuk melakukan wawancara sensus penduduk. Selain itu, mereka juga diintruksikan untuk ikut menyosialisasikan protokol kesehatan.

Ini ditegaskan oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (31/8/2020).

“Para petugas juga harus sosialisasi yang benar dalam pemakaian alat pelindung diri (APD) serta menyosialisasikan bahaya dan cara pencegahan Covid-19,” katanya.

Sementara dengan adanya sensus wawancara ini, diharapkan target sensus penduduk di Kabupaten Kudus bisa tercapai 100 persen. Mengingat hasil sensus penduduk online di Kabupaten sendiri baru tercapai sekitar 38 persen.

“Masyarakat diharapkan bisa menerima petugas, karena mereka sebelumnya sudah menjalani rapid test untuk memastikan sehat. Dan juga harus ikut berperan aktif serta memberikan data sesuai dengan keadaan yang sebenarnya,” jelasnya.

Sementara Kepala BPS Kudus Rahmadi Agus Santosa menyatakan, sensus tahap wawancara akan berlangsung selama sebulan yakni hingga Rabu (30/9/2020).

Ia menyebut petugas sensus tidak dibatasi dengan jam kerja, malam hari pun petugas bisa melakukan pendataan.

“Tapi petugas harus memperhatikan etika waktu saat berkunjung. RT nantinya juga akan mendampingi, kami juga sudah izin dari mulai tingkat kabupaten hingga desa dan RT,” ucapnya.

Menurutnya sensus penduduk kali ini tidak memerlukan pertanyaan yang begitu banyak dan hanya sekadar konfirmasi dari data-data yang sudah diperoleh dari Dukcapil dan sensus penduduk online 2020.

“Jadi dari data-data yang sudah ada di BPS akan dikonfirmasi kebenaranya langsung kepada masyarakat. Sesuai intruksi dari Plt Bupati Kudus tadi, petugas juga harus membantu sosialisasi protokol kesehatan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...