Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Polisi di Kudus Digembleng Sigap Atasi Kebakaran

MURIANEWS, Kudus – Kepolisian Resor (Polres) Kudus bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) PT Djarum menggelar pelatihan pencegahan dan tindakan pertolongan pertama saat terjadi kebakaran. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya kebakaran terlebih saat musim kemarau seperti ini.

Ratusan personel Polres Kudus dikerahkan untuk mengikuti pelatihan tersebut, Senin (31/8/2020) di Lapangan Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus.

“Sebanyak 120 personel kepolisian mendapatkan pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) pemadaman kebakaran. Mereka dilatih agar mahir dalam mencegah dan melakukan tindakan awal jika terjadi kebakaran,” Kata Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma.

Jika terjadi kebakaran di lingkungan sekitar, lanjut Aditya, para personel sudah siap untuk melakukan tindakan awal, sebelum pemadam kebakaran datang. Selain itu, para personel juga diajarkan cara sigap memberikan pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

“Dengan adanya ini, mereka sudah punya bekal dan juga pengenalan kepada masyarakat sekitar tentang cara pemadaman api awal menggunakan kain atau karung basah,” terangnya.

Sementara Fair Chief Damkar PT Djarum Hadi Cahyana menyatakan, selain penanganan awal kebakaran, pihaknya juga melatih pemakaian dan prosedur penggunaan alat pemadam api ringan (APAR).

“Jadi jika polisi menemukan kejadian kebakaran baik di gedung maupun saat sedang bertugas, bisa langsung menanganinya. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk bisa mengamankan aset yang dimiliki agar tidak  ikut dilalap api,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...