Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dibeli Rp 2,5 Miliar, Sampai saat Ini Alat PCR RSUD Kartini Jepara Belum Juga Dioperasikan

MURIANEWS, Jepara – Alat PCR untuk mengecek sampel swab di RSUD Kartini Jepara, hingga kini belum bisa dioperasikan. Kendati peralatan tersebut sudah diseting mesin dan ruangannya, pihak RSUD Kartini Jepara belum bisa mengoperasikannya.

Bukan persoalan operator yang tidak ada, namun soal izin operasionalnya yang tak kunjung datang dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Padahal peralatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu pendukung efektivitas penanganan Covid-19 di Jepara.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19 (STPC) Kabupaten Jepara, Muh Ali menyatakan, hingga Minggu (30/8/2020) izin operasional tersebut belum turun. Akibatnya, pihaknya belum bisa memanfaatkannya untuk upaya penanganan Covid-19 di Jepara.

“Memang belum turun izinnya. Masih dalam proses pengajuan ke Dinkes Provinsi Jawa Tengah. Sebenarnya selain izin operasional semuanya sudah siap. Sudah siap semua,” ujar Muh Ali, Minggu (30/8/2020).

Secara tehnis peralatan PCR ini menurut Muh Ali sudah bisa digunakan. Namun untuk menyampaikan hasil pengujian swab sample belum bisa dari sisi administrasinya.

Karena itu, hingga saat ini proses untuk bisa mendapatkan izin operasional masih terus diupayakan. Pengajuan izinya sudah disampaikan namun hingga kini masih menunggu dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan mengenai kapan persoalan izin ini bisa selesai, Muh Ali menyatakan tidak  bisa memastikan. Termasuk apa masalahnya hingga saat ini izin tersebut belum keluar, pihaknya juga tidak bisa memastikan.

Alat PCR ini penguasaannya berada di bawah wewenang RSUD Kartini Jepara. Pembelian dan semua hal yang menyangkut pengoperasian dan pengoperasional ada di bawah RSUD Kartini.

“Kalau berapa lama izinnya akan bisa diselesaikan, kami tidak mengetahuinya secara pasti. Kami juga menunggu mengenai hal ini,” tegas Muh Ali.

Sementara itu pihak RSUD Kartini Jepara hingga saat ini belum bisa diminta konformasinya. Peralatan PCR Swab untuk Covid-19 sendiri merupakan program RSUD Kartini dalam rangka mendukung penanganan Covid-19.

Peralatan ini dibeli dari Jerman dengan harga kurang lebih Rp 2,5 miliar. Sudah sebulan lebih peralatan ini diterima oleh RSUD Kartini Jepara. Namun hingga saat  ini peralatan tersebut masih belum  jelas bagaimana pemanfaatannya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...