Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sempat Didemo, Pasar Kayen Pati Kini Diberlakukan Dua Sif

MURIANEWS, Pati – Aksi demostrasi pedagang Pasar Kayen beberapa hari lalu, akhirnya direspon oleh Dinas Perdagangan dan Prindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati. Pedagang yang berjualan di halaman parkir dan pedagang yang ada di dalam pasar sudah dipertemukan.

Kepala Bidang Pasar pada Disdagperin Pati BJ Ishrony mengatakan, agar semuanya bisa berjualan, maka hasil kesepakatan waktunya dibagi menjadi dua. Pedagang yang ada di luar, diperkenankan untuk berjualan mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Baca: Tak Laku, Puluhan Pedagang Sayur Pasar Kayen Pati Demo

“Mereka bisa menggunakan halaman pasar untuk berjualan. Tapi harus tepat pada jam itu. Kalau sudah jam 05.00 WIB, pedagang harus sudah bersih,” katanya, Jumat (28/8/2020).

Sementara mulai pukul 05.00 WIB hingga Pukul 17.00 WIB, dikhususkan untuk pedagang yang ada di dalam. Pada siang hari, halaman pasar sudah bersih dari pedagang dan digunakan untuk parkir kendaraan.

“Waktunya kita bagi. Yang ada di luar tetep bisa berjualan, tetapi tidak mengganggu pedagang yang ada di dalam,” imbuhnya.

Untuk pemberlakuannya sendiri, dimulai Senin (31/8/2020) lusa, aturan tersebut sudah diberlakukan efektif. Apabila ada pedagang yang ngeyel atau berjualan di luar ketentuan sif tersebut, maka lapaknya akan disita oleh pihak pasar.

Baca: Demonstran Tuntut Kepala Pasar Kayen Pati Tertibkan Pedagang di Parkiran

“Mereka sudah sepakat untuk itu. Untuk sanksi, pertama akan diberikan teguran. Tetapi apabila masih bandel, lapaknya akan disita. Kan sudah komitmen bersama,” tegasnya.

Dari sisa waktu yang ada, pihaknya bersama dengan Kepala Pasar Kayen akan terus menyosialisasikan pembagian sif ini. Sehingga nantinya tidak terjadi kesalahpahaman antarpedagang.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...