Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Targetkan 10 Ribu Baru, Program Rehab RTLH Jepara Baru Terealisasi Empat Ribu

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara di bawah kepemimpinan Bupati Dian Kristiandi menargetkan bisa melakukan rehab teradap 10 ribu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Target ini merupakan bagian dari kampanye politik dalam Pemilukada Jepara 2017 lalu. Lalu seperti apakah progress pelaksanaan program ini?

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Jepara, Azhar Ekanto mengatakan, sesuai dengan target lima tahun yang ditetapkan, jumlah RTLH yang bisa tercover program rehab jumlahnya memang 10 ribu rumah.

Target ini direncanakan bisa dicapai sampai tahun terakhir kepemimpinan Pemkab Jepara. Target ini mulai direalisasikan sejak 2018 lalu.

Pada tahun 2018 lalu sudah ada seribu unit RTLH yang mendapatkan program Rehab RTLH ini. Program RTLH ini berupa paket rehab rumah dengan anggaran sebesar Rp 15 juta setiap unitnya.

RTLH yang direhab diajukan oleh masing-masing desa yang ada di Kabupaten Jepara. Sedangkan pada tahun 2019, realisasi pelaksanaannya menjangkau seribu unit RTLH.

“Tahun 2020 ini sebanyak dua ribu unit RTLH mendapatkan fasilitas program ini. Sebagian sudah dilaksanakan, dan lainnya akan diselesaikan sampai akhir 2020. Program ini pada tahun 2020 akan dituntaskan paling lambat pada Desember nanti,” ujar Azhar Ekanto, Jumat (28/8/2020).

Realisasi program Rehabilitasi RTLH di Kabupaten Jepara hingga akhir 2020 diproyeksikan bisa mencapai empatbribu rumah. Pada tahun 2021 sebenarnya direncanakan tiga ribu RTLH bisa dijangkau program ini.

Namun karena adanya refocusing dan realokasi anggaran untuk pandemi covid, maka pada tahun 2021 jumlah target sasaran dikurangi hanya menjadi dua ribu RTLH.

Dengan demikian dari target yang ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebanyak seribu RTLH, sampai 2020 ini baru terealisasi empat ribu unit saja.

Jika tahun 2021 bisa direalisasikan sebanyak 2.000 unit RTLH, maka pada akhir jabatan Bupati Dian Kristiandi di tahun 2020 masih ada target empat ribu unit RTLH yang harus terakomodir program ini.

“Selama ini program Rehab RTLH dicukupi dari dana APBD Jepara. Nantinya kami akan mencoba mencari sumber pendanaan lain untuk program ini. Baik melalui Banprop Jawa Tengah atau bahkan program pemerintah pusat,” tambah Ashar Ekanto.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...