Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Petugas Sensus Penduduk di Kudus Dipastikan Sehat

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus sudah menyiapkan ratusan petugas lapangan untuk melakukan sensus penduduk secara wawancara. Mereka semua dipastikan sehat, dan tidak terindikasi tertular Covid-19.

Jumlah petugas yang disiapkan BPS Kudus yakni sebanyak 529 petugas wawancara dan 39 koordinator sensus kecamatan (Koseka). Proses sensus wawancara akan dimulai pada Selasa (1/9/2020).

Beberapa tahapan untuk menjadi petugas lapangan sensus penduduk sudah berjalan. Termasuk salah satunya yakni rapid test yang sudah dimulai Senin (24/8/2020) hingga Rabu (26/8/2020). Bagi mereka yang dinyatakan reaktif maka akan dicoret dan diganti.

Kepala BPS Kudus Rahmadi Agus Santosa mengatakan, salah satu syarat petugas lapangan sensus penduduk 2020 yakni harus lolos tes seleksi serta tes kesehatan yang ditandai dengan hasil rapid test.

“Bagi mereka yang sudah lolos bisa mengambil atribut di Kantor BPS sesuai jadwal masing-masing untuk menghindari kerumunan. Dan mengkuti pelatihan baik melalui buku panduan, program televisi, radio dan koordinasi melalui grup wa,” katanya, Jumat (28/8/2020).

Ciri-ciri petugas sensus lanjut Agus, membawa atribut resmi dari BPS. Seperti tanda pengenal, rompi petugas sensus 2020 BPS, tas ransel BPS dan juga membawa surat tugas resmi.

“Petugas juga dibekali APD seperti masker berlogo BPS, sarung tangan, face shield dan hand sanitizer. Tanggal 31 Agustus ada pembekalan dan pengarahan dari Plt Bupati Kudus secara daring,” ucapnya.

Para petugas ini nantinya akan melakukan pendataan di sepuluh satuan lingkungan setempat (SLS) dan tiap koseka membawahi 15 petugas sensus wawancara. Selain itu petugas juga akan bekerja sama dengan ketua RT setempat.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...