Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Minat Investor Lirik Bangunan Mangkrak di Kudus Jadi Susut

MURIANEWS, Kudus – Para investor dari luar Kota Kretek masih belum berminat untuk menjamah sejumlah bangunan yang mangkrak atau perlu renovasi di Kabupaten Kudus.

Sejumlah bangunan tersebut di antaranya, Matahari Mall Kudus, bekas gedung SMP 3 Kudus, Gedung Ngasirah, hingga sentra kuliner Taman Bojana.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono menjelaskan, pandemi corona jadi salah satu alasan kenapa investor masih sepi penawaran.

Eko mengatakan, sejumlah investor sebenarnya sudah melakukan penawaran. Terutama untuk pembangunan gedung Matahari Kudus. Namun, karena adanya pandemi corona, pihak investor menunda pembicaraan lanjutan mengenai pengembangan gedung tersebut.

“Kemarin sudah ada, kami sudah siapkan penawarannya, tapi mereka menyurati untuk menunda dulu karena adanya corona,” ucap Eko Rabu (26/8/2020).

Selain bangunan Matahari, pengembangan sentra kuliner Taman Bojana Kudus juga sudah mulai banyak yang berminat. Namun karena corona, peminat jadi sepi kembali.

Eko menambahkan, permasalahan sepinya investor juga karena adanya sejumlah aturan yang dirasa kurang menguntungkan investor. Yakni sistem Bangun-Guna-Serah atau yang dikenal dengan Build Operate Transfer (BOT) investor.

Dalam sistem tersebut, investor akan dikenakan kontribusi tetap yang dibayar tiap tahunnya. Serta pihak investor harus menyerahkan 10 persen bangunannya pada pemkab Kudus.

“Dalam aturanya, pihak rekanan harus memberikan kontribusi tetap dan harus menyesuaikan dengan laju inflasi,” jelas dia.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kudus tengah menawarkan sejumlah gedung-gedung mangkraknya kepada para investor.

Di antaranya Gedung Ngasirah yang kini sudah rata dengan tanah, Bangunan Matahari Mall Kudus yang terbakar di 2018 lalu, serta gedung lama SMP 3 Kudus.

Selain itu, bangunan Sentra kuliner Taman Bojana Kudus juga turut ditawarkan. Dengan tujuan agar bangunan bisa lebih baik lagi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...