Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ciptakan Peluang Usaha Baru, Santri Jepara Diajak Berwirausaha

MURIANEWS, Jepara – Santri merupakan salah satu kelompok masyarakat yang memiliki banyak potensi. Salah satu potensi itu adalah soal kemampuan berwirausaha.

Untuk menggali potensi ini, Perkumpulan Pengusaha dan Profesional Nahdliyin (P2NPBNU) menggelar pelatihan Satripreneurahip bagi santri-santri yang memiliki jiwa wirausaha. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Syailendra, Senin (24/8/2020).

Bupati Jepara Dian Kristiandi yang membuka kegiatan ini menyatakan, peran serta santri yang memiliki kemampuan wirausaha ini dibutuhkan untuk mengembangkan usaha sektor riil di masa pandemi.

Menurutnya, selain teori, santri memiliki kelebihan kepribadian (akhlak), ulet, disiplin serta yang terpenting didasari dengan ilmu agama yang kuat. Dasar-dasar yang sudah diajarkan di pondok pesantren ini, akan menjadi kelebihan mereka untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil di bidangnya.

Dikatakan Andi, sudah banyak para santri yang sukses dengan usaha mereka sendiri. Saat ini, adalah momentum yang luar biasa untuk berwirausaha. Tidak hanya sekedar berbicara ketahanan pagan, namun kedaulatan pangan harus tercapai dengan mengolah sumber daya yang ada.

“Sektor riil masih terbuka lebar untuk dikembangkan. Silahkan terus digali untuk menciptakan peluang usaha baru,” kata Dian Kristiandi, Senin (24/8/2020).

“Kami mengajak kepada para santri, untuk ikut mengedukasi warga masyarakat memberdayakan tanaman pangan. Jika itu dapat mereka lakukan, akan menjadi usaha yang luar biasa. Tanaman cabai, tomat, terong, memiki nilai ekonomi yang bisa dikembangkan di lingkungan,” katanya

Ia menjelaskan, saat ini penurunan angka kemiskinan di Jepara sudah melampaui Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Dari target semestinya tahun 2017 -2022 ditarget angka 8 persen, tahun ini sudah tercapai 6,6 persen.

Dari sektor ekonomi di Jepara juga masih cukup baik. Di atas angka rata-rata Jawa Tengah (Jateng) dan nasional. Namun di masa pandemi ini, harus punya semangat yang luar biasa untuk tetap berkarya dan berusaha.

“Tidak dapat dibayangkan jika semua produktivitas barang terhenti akibat pandemi. Jalan keluarnya adalah tetap berdikari, dan berdiri di atas kaki sendiri. Jika pandemi hanya bersedih. Bagaimana roda perekonomian bisa berjalan?” tambahnya.

Sementara itu Wakasekjen Perkumpulan Pengusaha dan Profesional Nahdliyin dalam P2N-PBNU Djaduk Tri Mulyo Ainul Amri juga mengajak para santri untuk mengembangkan sektor riil. Pengusaha asal Jepara ini, mendorong agar para santri tidak malu untuk memulai usaha.

“Manfaatkan pertanian di sekitar kita, perkebunan, perikanan. Masih sangat besar potensinya,” imbuhnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...