Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peringati HUT RI, BEM UMK Gelar Estafet Merah Putih

MURIANEWS, Kudus – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bekerja sama dengan Rektorat Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar estafet bendera merah putih sejauh 10,5 kilometer, Senin (24/8/2020). Ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Estafet bendera tersebut dimulai dari kampus UMK  menuju Perempatan Panjang dilanjutkan Makam Taman Pahlawan di Kaliputu dan Makan Sosrokartono. Selanjutnya menuju ke Pendapa Kabupaten Kudus lalu Markas Kodim/0722.

Setelah itu, dilanjutkan ke Pertigaan Salam dan terakhir kembali ke kampus UMK. Acara secara resmi diberangkatkan oleh Rektor UMK Dr Suparnyo dan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma.

Ketua panitia, Gilar Bagus Permana mengatakan tema yang diusung adalah ‘Aku Bangga Jadi Anak Indonesia’. Dengan tema itu, pihaknya mengglar peringatan dengan hal-hal yang positif.

“Sehingga bisa menumbuhkan rasa kecintaan, semangat nasionalisme, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan gugur untuk memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Selain itu, ada juga sosialisasi protokol kesehatan dan membagikan masker kepada masyarakat di sepanjang perjalanan yang tidak memakai masker. Ini dilakukan sebagai upaya ikut serta dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

“Kali ini kami melibatkan 56 orang yang terbagi di delapan titik pos pergantian, dalam satu kali estafet dan satu pos terdiri dari tujuh orang,” ucapnya.

Sementara Rektor UMK Dr Suparnyo menyatakan, kegiatan estafet ini memang untuk memeriahkan hari kemerdekaan, serta mengenang jasa pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “Kami tentu mendukung kegiatan seperti ini, karena ini sangat positif,” terangnya.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini, memang tidak bisa melibatkan banyak orang seperti tahun sebelumnya. Sehingga ide estafet ini menjadi salah satu solusi.

“Kami juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara kali ini, mulai dari Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus, hingga Pemkab Kudus yang sudah ikut serta dalam menyukseskan acara,” tandasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...