Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tekan Golput di Pilkada Grobogan, Relawan Demokrasi Diterjunkan

MURIANEWS, Grobogan – Upaya untuk menekan angka golput pada Pilkada 9 Desember 2020 terus dilakukan KPU Grobogan. Salah satunya adalah dengan menerjunkan tim Relawan Demokrasi.

Komisioner KPU Grobogan Ngatiman mengungkapkan, program Relawan Demokrasi (Relasi) adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih.

Hal ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Ngatiman menjelaskan, saat ini, pihaknya masih melakukan proses rekrutmen Relasi yang dimulai 22 hingga 26 Agustus 2020 mendatang.

Untuk persyaratan menjadi relasi  antara lain berusia minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun dengan pendidikan minimal SLTA. Kemudian, calon relawan adalah nonpartisan dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu.

“Bagi yang berminat, bisa mendaftar ke kantor KPU Grobogan hingga batas akhir tanggal 26 Agustus atau Rabu lusa. Untuk persyaratan lebih lengkap bisa dilihat di website atau medsos resmi KPU Grobogan,” katanya, Senin (24/8/2020).

Dijelaskan, ada delapan basis dalam pembentukan relawan ini. Yakni, basis keluarga, keagamaan, pemula, pemilih muda, perempuan, komunitas, warganet dan penyandang disabilitas.

“Jumlah relasi yang dibutuhkan untuk Pilkada 2020 ini sebanyak 38 orang. Masing-masing basis akan diisi dengan empat sampai lima orang, disesuaikan kebutuhan,” sambungnya.

Menurut Ngatiman, untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih banyak kiat yang dilakukan dan pengerahan relawan adalah salah satunya. Tugas relawan itu nantinya melakukan sosialisasi di beberapa kelompok masyarakat supaya menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada mendatang.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...