Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Bawang Putih di Pati Mulai Merangkak Naik

MURIANEWS, Pati– Harga bawang putih di pasar di Kabupaten Pati, saat ini mulai merangkak naik. Sebelumnya harga komoditas tersebut hanya Rp 20.000 per kilogram namun sekarang naik menjadi Rp 24.000 per kilogram.

Salah satu penjual bawang putih di Pati Santoso mengatakan, kenaikan terjadi sudah sepekan yang lalu. Namun, kenaikan ini sifatnya memang perlahan.

“Kalau kenaikan memang perlahan. Tapi biasnaya terjadi secara terus menerus hingga harganya tinggi. Dari pengamatan yang saya lakukan, kecenderungannya seperti itu,” katanya, Senin (24/8/2020).

Apalagi, lanjutnya, di Kabupaten Pati memang belum ada daerah sentral penghasil bawang putih. Akibatnya, mau tidak mau masyarakat pun banyak yang membutuhkan mengingat bawang putih jadi kebutuhan pokok saat memasak.

“Ini kan kebutuhan pokok, jadi berapapun harganya ya dibeli. Tetapi kalau harganya tinggi, kan kasihan juga masyarakat,” imbuhnya.

Terkait penyabab naiknya harga bawang putih ini, ia mengaku tidak mengetahui secara pasti. Hanya, dari pengamatan yang dilakukan, kecenderungan naiknya berangsur.

”Tahun lalu, naiknya juga berangsur. Dari Rp 20 ribu per kilogram hingga mencapai Rp 65 ribu perkilogram. Mudah-mudahan tahun ini tidak seperti tahun kemarin. Kalau naiknya terlalu tinggi, yang kasihan para pembeli,” harapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...