Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada Bahasan Menarik Soal Mencuci Pakaian Najis dalam Mesin Cuci di Forum Ilmiah Buka Luwur Makam Sunan Kudus

MURIANEWS, Kudus – Munadharah Masail Diniyyah digelar dalam rangkaian Buka Luwur Makam Sunan Kudus. Kegiatan ini digelar Minggu (23/8/2020) di Masjid Menara Kudus.

Dalam acara tersebut, dikumpulkanlah para kiai dan para pakar fikih untuk menjawab sebuah problematika.

Dikutip dari akun resmi Masjid Menara, ada sejumlah kiai muda dan tokoh fikih yang didatangkan. Di antaranya, KH Ahmad Asnawi, KH Yusrl Hana, KH Islahul Umam, KH Ali Ma’shum dan tokoh-tokoh lainnya.

Salah satu problematika yang dibahas sendiri, adalah tentang mencuci pakaian bernajis di mesin cuci. Masalahnya, baik mesin cuci satu tabung dan dua tabung, kapasitas airnya tidak mencapai dua qullah.

Selain itu, pertanyaan lain muncul, di mana jika ada satu pakaian bernajis di dalam mesin cuci, apakah semua pakaian di dalam yang turut dicuci bersama pakaian najis bisa disebut suci?.

Dalam forum tersebut pun disebutkan, semua pakaian yang ada dalam mesin cuci, bisa dikatakan suci apabila air pada bilasan terakhir rata ke seluruh pakaian.

“Kemudian sifat-sifat najis hilang. Serta air yang keluar dari mesin cuci dalam keadaan bening,” tulis akun FB Masjid Menara.

Selain menghadirkan pakar-pakar fikih, acara tersebut juga menggandeng sejumlah organisasi. Di antaranya Lajnah Bahtsul Masail PCNU Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...