Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kerja Sama dengan CBSUA, Mahasiswa UMK Berkesempatan Belajar dari Dosen Filipina

MURIANEWS, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) menjalin kerja sama dengan salah satu universitas di Filipina, yakni Central Bicol State University Of Agriculture (CBSUA). Hal tersebut dilakukan agar sektor pendidikan khususnya di UMK dan CBSUA bisa terus berjalan maksimal meski di tengah pandemi.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMK Mutohhar mengatakan, sebelum pandemi pihaknya sudah melakukan kunjungan ke CBSUA Filipina. “Setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan dengan adanya kerjasama ini,” katanya, Sabtu (22/8/2020).

Yang pertama, yakni joint webinar. Kegiatan ini akan dilakukan mulai Agustus ini, hingga Januari 2021. Kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan setiap akhir bulan yang akan mendatangkan narasumber dari UMK dan CBSUA Filipina.

“Yang kedua ada transfer kredit, yang biasanya bisa dilakukan langsung di kampus yang bekerja sama. Namun, karena adanya pandemi kegiatan dilakukan secara daring. Dan akan diakui dalam Satuan Kredit Semester (SKS),” ucapnya.

Nantinya mahasiswa UMK bisa belajar dengan CBSUA Filipina via daring selama satu semester atau lebih. Menurutnya, hal ini sesuai yang dengan program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Sehingga mahasiswa berkesempatan untuk belajar di perguruan tinggi lain termasuk perguruan tinggi luar negeri.

Yang ketiga, lanjut Mutohhar, ada penelitian bersama (joint research). Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh dosen saja, namun mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk melakukan penelitian gabungan antara mahasiswa UMK dengan CBSUA.

“Untuk penelitian mahasiswa, salah satu pembimbing nantinya akan diambilkan dari CBSUA. Begitu juga sebaliknya,” ucapnya.

Yang terakhir ada pertukaran mahasiswa dan dosen, untuk pertukaran mahasiswa tahun ini akan ditarget lima orang dari fakultas pendidikan. Tahap selanjutnya akan bergantian dengan fakultas lain.

“Untuk dosen kami akan mengawalinya dengan menyamakan kurikulum, dan selanjutnya dosen UMK bisa mengajar di CBSUA dan berlaku juga sebaliknya,” paparnya.

Dengan adanya kerja sama tersebut, pihaknya berharap antara UMK dan CBSUA bisa terus berkembang meski di tengah pandemi seperti ini. Serta menghasilkan wisudawan yang mampu bersaing di kancah global.

“Meski dengan cara yang berbeda, kami berharap akan berjalan lancar dan maksimal,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...