Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Meski Tak Ada Pilkada, Kemampuan Polisi Kudus Hadapi Kerusuhan Terus Digembleng

MURIANEWS, Kudus – Ratusan personel Polres Kudus mengikuti pelatisan pengendalian massa (Dalmas) di Lapangan Kongsi Loram Wetan, Kudus, Sabtu (22/8/2020). Latihan ini dilakukan untuk mengasah kemampuan pasukan dalam menghadapi kerusuhan atau situasi kontinjensi dalam pelaksanaan pilkada serentak Desember 2020 mendatang.

Meskipun Kabupaten Kudus tak menggelar pilkada pada tahun ini, namun kemampuan pengendalian massa personel Polres Kudus terus digembleng. Pasalnya, mereka juga harus siap jika sewaktu-waktu ditugaskan untuk membantu pengamanan di daerah lain yang menggelar pilkada.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut sebagai tindak lanjut perintah dari Polda Jateng bahwasanya seluruh polres baik yang akan melaksanakan pilkada di daerahnya ataupun tidak, untuk melakukan kesiapsiagaan menghadapi situasi kontinjensi.

“Memang di Kudus tidak ada pilkada, namun kami tetap melaksanakan latihan dalmas. Sehingga apabila polres wilayah sekitar Kudus membutuhkan bantuan,  kami sudah siap mengirim personel,” katanya.

Latihan pengendalian massa yang digelar Polres Kudus di Lapangan Kongsi Loram Wetan, Kudus, Sabtu (22/8/2020). (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Selain itu, latihan ini juga untuk mengecek peralatan dan sarana prasana dari Polres Kudus untuk memastikan semua peralatan berfungsi semua. Sekaligus juga untuk melatih personel agar semakin profesional dalam menjalankan tugas.

“Jangan sampai ada peralatan yang akan digunakan dalam kondisi rusak, kedaluwarsa atau macet. Jadi kami pastikan semua alat berfungsi dengan baik agar saat dibutuhkan bisa digunakan dengan maksimal,” ucapnya.

Ia menyatakan latihan ini diikuti oleh 175 personel baik dari polres dan polsek jajaran di Kudus.

“Mulai dari latihan sikap dasar, titik formasi,  dalmas awal, dalmas lanjut, K-9 hingga raimas (pengurai massa) kami siapkan untuk menghadapi situasi kontijensi,  khususnya di wilayah Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...