Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dipercaya Bawa Berkah, Air Tiga Rasa Rejenu Ramai Pengunjung Saat Satu Suro

MURIANEWS, Kudus – Air Tiga Rasa Rejenu yang berada di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus yang berlokasi satu komplek dengan Makam Syeikh Sadzali ramai pengunjung. Terlebih saat libur Tahun Baru Hijriah atau satu Suro, seperti Kamis (20/8/2020) hari ini.

Tak hanya dari Kudus, pengunjung dari luar kota pun banyak yang berdatangan untuk sekadar meminum ataupun membawa pulang air dari tiga bilik itu.

Banyak yang percaya jika air tiga rasa itu banyak khasiatnya, dan bisa memberi keberkahan sendiri bagi yang meminumnya. Mereka biasanya berziarah terlebih dahulu ke makam Syeikh Sadzali, sebelum mengambil air tiga rasa itu.

Namun, karena ini masa pandemi Covid-19 pengunjung yang datang wajib menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke area Rejenu. Ada dua orang petugas yang menjaga untuk mengecek protokol kesehatan terhadap pengunjung.

Salah seorang pengunjung asal Bandungrejo, Ngawen, Blora, Mugiyono mengatakan sudah tiga kali datang ke Air Tiga Rasa dan berziarah ke Makam Syeikh Sadzali. Menurutnya, kali ini ia datang bersama keluarganya menggunakan mobil.

“Ini saya ke sini menggunakan satu mobil rombongan keluarga. Setelah ziarah ke Makam Syeikh Sadzali, terus ini ke Air Tiga Rasa,” katanya Kamis  (20/8/2020).

Pengunjung datang bersama keluarga untuk meminum dan membawa pulang air tiga rasa kompleks Makam Syeikh Sadzali. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Saat itu, ia tak hanya meminum Air Tiga Rasa di lokasi saja. Namun, ia juga menaruh air dari tiga sumber tersebut di sebuah jeriken untuk dibawanya pulang. Menurutnya air tersebut dibawa pulang hanya untuk mengharap berkah.

“Ya kalau ketiga rasanya kurang lebih hampir sama, tapi tetep ada bedanya. Yang satu ada rasa seperti sodanya, yang tengah agak asam, yang satu agak manis. Ini saya bawa pulang ya niatnya memang mencari berkah dan bisa dikasihkan sama keluarga yang di rumah juga,” jelasnya.

Sementara Sarono, petugas pengurus makam menyatakan selema ini sendang Air Tiga Rasa memang dikeramatkan. Dari masing – masing sendang mempunyai rasa yang berbeda-beda, namun menurutnya rasa tesebut tergantung dari seseorang yang meminumnya.

“Sebenarya air tersebut memiliki banyak kegunaan, seperti, untuk obat, usaha, rezeki, serta kewibawaan. Jadi sebelum minum atau sebelum mandi air itu diniati dulu apa niatnya, insyaallah kalau orangnya yakin dan mantap akan di-ijabah oleh Allah,” ujarnya.

Menurutnya di semua musim, entah musim hujan ataupun kemarau air di tiga sumber mata air tersebut tidak pernah kering.

“Air tiga rasa tidak pernah habis selalu menyumber meski musim kemarau. Pengunjung yang datang biasanya juga ziarah ke Makam Syeikh Sadzali baru nanti ke Air Tiga Rasa,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...