Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Alami Gangguan Teknis, PLTU Tanjung Jati B Unit 3 Sempat Terdengar Ledakan dan Asap Tebal

MURIANEWS, Jepara – Sebuah ledakan yang disertai asap tebal muncul di lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B, Desa Tubanan, Kembang, Jepara. Kejadian ini sempat menjadi perhatian warga dan masyarakat yang tinggal di sekitaran lokasi, Rabu (19/8/2020).

Beberapa warga bahkan ada yang mengabadikan kejadian ini dengan rekaman video. Asap tebal mengepul di sekitar pembangkit. Pemandangan ini bahkan terlihat dari jarak kurang lebih empat km.

Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 14.30 WIB ini, namun baru petang tadi mendapatkan penjelasan dari pihak PLN Pembangkitan Tanjung Jati B.

Melalui siaran pers, Senior Manajer Produksi di PT PLN Pembangkitan Tanjung Jati, Ahadi menyatakan ada gangguan operasi di PLTU TJB Unit 3. Gangguan operasi ini disebabkan karena adanya kegagalan fungsi Generator Transformer (Trafo Utama). Sehingga kejadian ini menyebabkan PLTU TJB Unit 3 mengalami trip (padam) pada beban sebesar 660 MW.

“Tidak ada korban dalam kejadian ini. Penyebab gangguan ini masih dalam proses investigasi. Namun semua murni karena tehnis operasional dan bukan karena sebab yang lain,” ujar Ahadi, Rabu (19/8/2020) petang.

Meski pembangkit unit 3 mengalami trip karena kejadian ini, untuk pembangkit lainnya tidak terpengaruh. Sampai saat ini pembangkit unit 1-2 dan 4 masih beroperasi secara normal. Sedangkan upaya perbaikan di unit 3 masih akan dilakukan secepatnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...