Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Kudus Gandeng Disdukcapil dan TNI-Polri Mutakhirkan Data Pemilih

MURIANEWS, Kudus – Pemutakhiran data pemilih terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus walau tak mendekati waktu-waktu pemilu. Hal tersebut dilakukan karena data kependudukan di Kudus sangat dinamis.

Anggota KPU Kudus Divisi Perencanaan Data dan Informasi Miftahurrohmah mengatakan, pemutakhiran data terus dilakukan dengan menggandeng sejumlah pihak. Salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kudus.

KPU Kudus sendiri, kata dia, mulai melakukan pemutakhiran pemilih sejak April 2020 dengan rapat pleno secara tertutup. Sementara mulai Juni 2020 lalu, rapat pleno digelar secara terbuka.

“Data pemilih memang harus selalu diperbaharui, sehingga jika suatu saat terpakai, bisa langsung siap,” ucapnya, Rabu (19/8/2020).

Kerja sama dengan Dinas Dukcapil sendiri, lanjut dia, adalah untuk untuk memantau apakah ada warga yang meninggal, pindah alamat baik masuk maupun keluar Kudus. Turut didata pula, warga yang usianya sudah memiliki hak pilih atau pemilih pemula.

“Terutama ketika menjelang pemilu, maka data pemilihnya sudah siap,” ujarnya.

Selain Dukcapil, ada sejumlah instansi lain yang turut digandeng. Yakni Kodim 0722/Kudus serta Polres Kudus.

Dua instansi tersebut digandeng untuk mengetahui jumlah anggota yang mengalami purna tugas. Atau adanya warga yang diangkat sebagai anggota TNI/Polri.

Miftah merincikan, bagi anggota TNI/Polri yang purna tugas, maka akan menjadi pemilih baru dan memenuhi syarat (MS). Sementara bagi yang diterima sebagai anggota TNI/Polri, maka tidak memiliki hak memilih dalam pemilu.

“Atau masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS),” katanya.

Pihaknya menambahkan, sinkronisasi data dengan berbagai instansi akan terus dilakukan secara periodik. Hal tersebut, dilakukan demi menjaga data pemilih di Kudus agar selalu mengikuti perkembangan terbaru.

“Kami juga siap menerima masukan dari masyarakat ketika ada keluarganya yang pindah alamat atau meninggal dunia, bisa datang langsung, atau melalui web KPU,” jelasnya.

Untuk diketahui, data pemilih hasil pemutakhiran bulan Juli 2020 sebanyak 617.717 pemilih. Dengan rincian, 304.130 pemilih laki-laki dan 313.587 pemilih perempuan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...