Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Plt Bupati Kudus Patroli Cari Pelanggar Protokol Kesehatan, Ini yang Ditemukan

MURIANEWS, Kudus – Plt Bupati Kudus HM Hartopo bersama unsur forkopimda melakukan patroli ke beberapa titik keramaian di Kabupaten Kudus Selasa (18/8/2020) malam tadi, untuk memantau penerapan protokol kesehatan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengedukasi masyarakat terkait adaptasi kebiasaan baru dan meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat agar mengindahkan protokol kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga membagikan masker dan menyosialkan peraturan terkait sanksi protokol kesehatan yang akan segera diberlakukan.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengunjungi tempat keramaian seperti kafe, tempat biliar, belakang Taman Krida, Ruko Agus Salim, dan juga Balai Jagong.

Dari patroli itu ditemukan jika tingkat kedisiplinan warga semakin meningkat. Meski masih saja ada yang bandel.

“Dari pantauan kali ini sudah cukup bagus, tingkat kepatuhan sekitar 85 persen. Meski ada satu dua orang yang masih bandel,” katanya.

Para pelanggar kemudian diedukasi tentang bahaya Covid-19 dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

“Kami edukasi lagi bahwa bahaya Covid itu seperti apa, ketika makan monggo masker dilepas, tapi setelah makan dan bicara silahkan dipakai lagi. Karena saat bicara tanpa menggunakan masker droplet akan keluar,” katanya.

Baca: Jateng Gelar Operasi Besar-Besaran Penegakan Protokol Kesehatan, Dimulai Pekan Depan

Ia menyatakan kafe yang sebelumnya belum menerapkan protokol kesehatan dan belum ada satgas yang berjaga, saat ini sudah mengindahkan protokol kesehatan dan sudah ada satgasnya.

“Untuk Balai Jagong tadi juga hanya ada dua akses masuk dan ke luar, serta yang masuk harus memakai masker. Yang di dalam Balai Jagong sudah pakai masker semua, tidak ada yang lalai,” ungkapnya.

Harapannya kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan akan lebih meningkat dan tetap pertahankan, karena Kudus saat ini masih zona oranye.

“Jangan sampai lengah, terus ditekankan agar segera menjadi zona kuning,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...