Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perhutani Gandeng Polisi Amankan Hutan di Kudus dari Pembalakan Liar dan Kebakaran

MURIANEWS, Kudus – Kepolisian Resor (Polres) Kudus melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Perum Perhutani KPH Pati, Selasa (18/8/2020). Kerja sama ini untuk mengamankan hutan di Kudus dari aktivitas pembalakan liar maupun kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

“Selain itu kami mengimbau keras kepada masyarakat agar hati-hati dalam membuang sampah, seperti putung rokok, menyalakan api unggun dan sebagainya agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan,” kata Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma.

Sementara Administratur Perhutani KPH Pati Edrian Sunardi menyatakan, sebagian besar hutan wilayah Kudus ditanami dengan pohon pinus. Sifat dari pohon pinus sangat mudah terbakar dan tumbuh pada wilayah yang cukup tinggi, seperti di puncak-puncak gunung.

Kabupaten Kudus sendiri memiliki kawasan hutan dengan luas wilayah 3.536,67 hektare yang terdiri dari tiga kecamatan dan 13 desa. Sementara jumlah anggota yang aktif berinteraksi dengan hutan yakni 3.500 orang setiap harinya.

“Inilah yang perlu kami kerja samakan dengan Polres Kudus untuk mengamankan dari timbulnya gangguan keamanan penebangan hutan secara liar maupun kebakaran hutan dan lahan, karena aktivitasnya lumayan banyak yang setiap harinya mengakses ke dalam hutan,” jelasnya.

Pihaknya juga sangat berharap agar seluruh elemen yang ada diwilayah pemerintahan Kabupaten Kudus utamanya, untuk bersama-sama mencegah sedini mungkin adanya gangguan dan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kudus.

Sedangkan Plt Bupati Kudus HM Hartopo sangat mengapresiasi penandatanganan kerja sama dari Polres Kudus dan Perhutani. Karena untuk perjanjian di bidang hukum terkait permasalahan yang ada di hutan banyak sekali seperti penebangan liar dan pembakaran hutan.

“Ini memang perlu adanya perlindungan hukum dan kerja sama yang baik dengan Polri. Kemarin sudah bersinergi, namun, ini ditingkatkan lagi dengan kerja sama tertulis. Harapan Kami ke depan bisa membackup semua dan mencegah adanya kebakaran hutan dan lahan serta penebangan ilegal,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...