Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Meski Tak Terpangkas Covid, Belum Semua Parpol Cairkan Dana Banpol

MURIANEWS, Jepara – Dana Bantuan Partai Politik (Banpol) di Kabupaten Jepara, sama sekali tidak tersentuh program realokasi dana Covid. Semua parpol di Jepara dipastikan akan mendapatkan dana bantuan sesuai yang sudah ditetapkan. Namun hingga saat ini, belum semua parpol di Jepara mencairkan dana bantuan ini.

Menurut Kasubdit Politik di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bekesbangpol) Jepara, Dwi Rohyadi menyatakan, hingga saat ini baru enam dari 11 Parpol yang sudah mencairkan.

Sehingga masih ada lima parpol yang belum mengajukan proposal pencairan dana banpol. Sampai saat ini pihaknya, masih menunggu parpol-parpol tersebut menyodorkan proposalnya.

Dari enam parpol yang sudah mencairkan dana banpol tersebut, sebagian diajukan pencarian untuk prosese peningkatan kapasitas dan pendidikan politik bagi kader-kader dari parpol yang bersangkutan.

Pihaknya menyatakan, dana banpol untuk oarpol tahun ini memang tidak terkena pemangkasan untuk dana penanganan covid di Jepara. Anggaran yang disediakan oleh APBD Jepara 2020 untuk dana Banpol jumlanya tetap sebesar Rp1,2 miliar. Dana tersebut diperuntukan bagi 11 parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Jepara.

“Sampai sekarang masih ada lima parpol yang belum mencairkan dana banpol ini. Kami masih menunggu proposal pencairan disampaikan oarpol-parpol tersebut. Kami berharap bisa segera dilakukan karena saat ini sudah mendekati akhir tahun,” ujar Dwi Rohyadi, Selasa (19/8/2020).

Enam parpol yang telah mencairakan dan Banpol masing-masing, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejumlah Rp 140,20 juta, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sejumlah Rp 60,13 juta, dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sejumlah Rp 144,43 juta.

Kemudian Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sejumlah Rp 39,11 juta, Partai Gerindra sejumlah Rp 118,41 juta, dan Partai PAN sejumlah Rp 37,80 juta

Sedangkan parpol yang belum mencairkan dana Banpol adalah Partai Golkar, Partai Berkarya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Partai Demokrat. Partai Golkar akan menerima Rp 102 juta, Partai Berkarya (Rp 34 juta), PPP (Rp 218 juta), Partai Hanura (Rp 20 juta), PDI Perjuangan (Rp 206 juta), dan Partai Demokrat (Rp 93 juta).

“”PDI Perjuangan sudah menyampaikan Proposal dan sudah diverifikasi, tinggal menunggu pencairan dananya. Sedangkan lainnya belum menyampaikan proposal. Enam Parpol itu sudah dinyatakan lolos verifikasi oleh tim. Bantuannya ditransfer ke rekening masing-masing Parpol,” jelas Dwi Rohyadi.

Terkait dengan batasan waktu pencairan, Dwi Rohyadi menyatakan tidak ada aturan yang mengatur batas akhirnya. Hanya saja, jika Parpol tidak mengambil bantuan itu sampai akhir tahun, maka dianggap hangus, dan dikembalikan ke Kas Daerah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...