Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Salut, Pedagang Pasar di Kudus Juga Hentikan Aktivitas Peringati Detik-Detik Proklamasi

MURIANEWS, Kudus – Para pedagang di Pasar Beru, Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kudus secara serempak turut serta berdiri tegap mengambil sikap sempurna, saat detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia Senin (17/8/2020).

Tepat pada pukul 10.17 WIB, selama tiga menit mereka berdiri di masing-masing lapak diiringi suara sirine yang berbunyi dari pengeras suara yang dibawa tim Karang Taruna Sari Utomo.

Ketua Karang Taruna Sari Utomo Gondosari Nandar Hidayat mengatakan, ini sebagai bentuk penghargaan untuk para pejuang kemerdekaan yang telah gugur dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan instruksi dari pemerintah.

“Kami sebelumnya juga sudah memberikan edukasi kepada masyarakat. Alhamdulillah kami dibantu Polsek dan Pemerintah Gondosari keliling dari mulai RW 1 hingga RW 11 menggunakan mobil patroli,” katanya.

Saat turun ke Pasar Beru hari ini, lanjut Nandar, tim Karang Taruna sengaja memakai pakaian kebaya untuk putri, dan untuk putra memakai kemeja putih dan blankon. Ia mengaku, sengaja memilih ppakaian tersebut untuk menunjukkan semangat kemerdekaan.

“Kami juga mengadakan lomba menyanyi dan menari secara virtual. Ada juga lomba desain gapura. Kami harap masyarakat tetap bisa menghayati dan memeriahkan hari kemerdekaan meski ditengah pandemi, dengan cara yang lain,” terangnya.

Baca: Detik-Detik Proklamasi, Pengendara di Kudus Berhenti dan Berdiri Tegap Tiga Menit

Salah seorang pedagang buah Sulistiyowati (50) mengaku dirinya bersama pedagang lain tidak keberatan untuk menghentikan aktivitas sejenak dan berdiri tegap mengambil sikap sempurna untuk menghormati jasa para pahlawan.

“Sangat bagus ada intruksi ini. Masyarakat antusias, saya juga ikut berdiri sesuai dengan yang sudah disosialisasikan kemarin,” katanya.

Saat berdiri, menurutnya ia juga mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, ia juga berdoa agar pandemi Covid-19 segera usai.

“Ini tadi saya juga diberi masker, dan semoga wabah pandemi Covid-19 segera sirna,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...