Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Plt Bupati Ajak Warga Kudus Lebih Berinovasi Memajukan Indonesia

MURIANEWS, Kudus – Upacara bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kudus digelar secara terbatas di halaman Pendapa Kudus  Senin (17/8/2020). Dalam upacara ini Plt Bupati Kudus HM Hartopo bertindak sebagai inspektur upacara.

Hartopo mengatakan, usia ke 75 ini bisa dikatakan sebagai masa-masa berlian. Sehingga ia mengajak masyarakat Kudus dan generasi muda untuk bergotong royong dan selalu kompak meski berbeda-beda suku, ras dan pulau.

“Isi kemerdekaan ini dengan berbagai macam inovasi, dan kreatifitas sehingga Indonesia ini bisa semakin maju,” katanya.

Dalam sambutannya, Hartopo juga menceritakan kisah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang bertemu Mbah Patmo Darsono, Warga Dusun Girpasang, Kabupaten Klaten yang letaknya berada di lereng Gunung Merapi. Untuk menyambanginya Ganjar harus naik turun bukit melewati seribu lebih anak tangga.

Namun, sesampainya di sana rasa lelahnya pun hilang saat bertemu Mbah Patmo yang berusia sekitar 70 tahun.

Mbah Patmo begitu bersemangat mengajak Ganjar menuju ke rumahnya yang amat sangat sederhana, karena sebagian besar dindingnya masih menggunakan gedek.

Kemudian Ganjar berbincang di dapur yang suasananya persis rumah orang tuanya yang ada di Tawangmangu dulu. Saat itu Ganjar dikasih nasehat, urip kui senajan abot kudu dilakoni, aja sambat lan aja ngeluh aja sambat senajan dengkul wis dredek.

Ganjar pun belajar banyak dari Mbah Patmo yang tetap bersemangat dan selalu bersyukur tanpa mengeluh.

“Itulah yang harus kita tiru. Seberat apapun kehidupan yang kita hadapi, termasuk kondisi ditengah pandemi. Dari keteguhan tekat dan spirit Mbah Patmo itulah kita mesti bercermin,” terangnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...