Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMP di Kudus Ini Bagikan Kuota Internet untuk Belajar Daring Siswa

MURIANEWS, Kudus – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Kudus memberikan subsidi kuota internet gratis untuk belajar daring siswanya.  Hal tersebut dilakukan untuk meringankan beban siswa dan juga orang tua dalam proses pembelajaran daring di tengah pandemi Covid -19.

“Pembagian subsidi kuota internet sudah dua kali kami lakukan, yang pertama di bulan Mei. Pada saat itu kami memberikan kuota internet pada semua siswa dengan provider yang sama, namun yang kedua ini kami berikan sesuai dengan provider masing-masing siswa,”  kata Kepala SMP Muhammadiyah Kudus Ali Zamroni, Sabtu (15/8/2020).

Untuk teknisnya, sebelumnya telah dilakukan pendataan menggunakan Google Form untuk menawarkan kuota internet gratis tersebut. Namun dari 634 siswa, ada beberapa yang tidak mengajukan permohonan subsidi kuota.

“Yang mengajukan ada 590 siswa. Jadi ada 44 siswa yang tidak mengajukan. Kebanyakan yang tidak mengajukan dari kalangan mampu, selain itu di rumah juga sudah ada WiFi. Pengambilannya, oleh orang tua atau yang mewakili, jika ada siswa yang datang juga harus ada yang mendampingi,” ujarnya.

Setiap siswa mendapatkan kuota internet dengan besaran nominal Rp 30 ribu. Sedangkan, untuk besaranya tiap provider berbeda-beda. Kegiatan ini dibarengkan dengan pembagian buku dan juga pengumpulan tugas.

“Tiap provider dengan nominal Rp 30 ribu itu berbeda-beda dapatnya, mulai dari 4 GB bahkan ada dari provider tertentu yang bisa mencapai 10 GB. Pemberian kuota internet gratis ini kami menggunakan pendanaan dari dana BOS,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan pemberian subsidi kuota internet gratis ini, bisa sedikit membantu meringankan beban orang tua selama siswa melakukan pembelajaran daring. Meski dinilai bantuan tersebut tetap masih kurang.

“Yang jelas subsidi kuota internet ini belum mencukupi kebutuhan siswa. Namun, harapanya bisa sedikit membantu meringankan beban orang tua dalam pengadaan kuota internet,” tandasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya  Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...