Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

197 Napi Lapas Pati Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 197 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan.

Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Pati Krismiyanto mengatakan, sebelumnya napi yang diusulkan untuk mendapatkan remisi ini ada sebanyak 269 warga binaan. Namun, yang disetujui hanya 197 warga binaan.

“Dari jumlah tersebut secara statistik 80 persen napi yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan remisi. Sebanyak 77 orang di antaranya karena kasus narkoba, trafficking satu orang, dan 119 orang kasus pidana umum,” katanya, Sabtu (15/8/2020).

Untuk tahun ini, diakui memang tidak ada napi yang mendapatkan remisi asimilasi. Hal itu lantaran sudah ada Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 2020 tentang asimilasi di rumah.

Dia menambahkan, narapidana yang berhak mendapatkan remisi adalah yang telah memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan. Salah satunya, napi harus sudah menjalani masa tahanan selama enam bulan ke atas dan secara subtansi tidak pernah melanggar tata tertib.

“Yang menjalani masa hukuman di atas enam bulan bisa kita usulkan, tapi kalau melanggar tata tertib tidak bisa diajukan remisi,” imbuhnya.

Menurutnya, remisi yang diberikan ini memang beragam, yakni sesuai dengan masa tahanan yang sudah dijalani oleh napi. Semakin lama berada di tahanan, maka semakin besar pula jumlah remisi yang dikeluarkan.

“Remisi di tahun pertama 15 hari, di tahun kedua sebanyak tiga bulan, tahun ke empat sebanyak lima bulan, tahun ke enam sebanyak enam bulan. Maksimal remisi umum enam bulan,” jelasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...