Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kenakan Baju Ala Pejuang Kemerdekaan, Kodim Pati Bagikan Seribu Masker

MURIANEWS, Pati – Beberapa orang dengan tubuh tegap tinggi dan mengenakan baju ala pejuang kemerdekaan memberhentikan pengguna jalan yang berada di Alun-alun dan di Gedung Olahraga (Gor) Pesantenan Pati, Jumat (14/8/2020).

Mereka kemudian memberikan masker kepada pengguna jalan secara cuma-cuma. Mereka juga memberikan sosialisasi agar masyarakat selalu waspada dengan adanya Covid-19.

Tak diduga, mereka yang mengenakan baju ala pejuang kemerdekaan tempo dulu itu ternyata anggota Kodim Pati. Itu dilkaukan dalam rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 Indonesia.

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Adi Ilham Zamani mengatakan, dalam kegiatan ini sedikitnya ada 1.000 potong masker kain yang dibagikan kepada warga.

Anggota Kodim Pati bagikan masker kepada pengguna jalan (MURIANEWS/Istimewa)

Selain bagi-bagi masker, dalam kegiatan itu juga dimanfaatkan untuk memberikan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes) untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, yakni dengan menerapkan 3M.

Di antaranya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

“Kegiatan ini sengaja kita seting dengan latar para pejuang tempo dulu, tujuanya adalah untuk menggugah semangat generasi muda serta mengingatkan kembali jasa-jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan,” katanya.

Letkol Adi menambahkan, dari hasil pengamatan di lapangan, ternyata masih ada sejumlah warga yang tidak mengenakan masker. Menurutnya itu sebagai indikator bahwa masih ada saja yang menganggap enteng dan tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus penularan virus Covid-19.

“Bagi warga yang kedapatan tidak mengenakan masker lalu kita kasih masker dan kita beri pemahaman untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Setelah membagikan masker, Kodim Pati juga akan mengadakan kegiatan sosial dengan memberikan support kepada para tenaga medis di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Pati.

“Mereka adalah sebagai garda terdepan melawan Covid-19, dan para tenaga medis itu adalah bagian dari pejuang kemanusian,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...