Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lomba Agustusan di Kudus Boleh Digelar, Asal…

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akhirnya memperbolehkan lomba untuk perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia digelar di wilayahnya. Asal, tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Boleh, asal tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku,” kata Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Jumat (14/8/2020).

Sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi, kata dia, adalah terkait menjaga jarak dalam kerumunan. Hingga tidak lupa memakai masker saat menjalankan lomba.

Untuk lomba-lomba seperti balap karung ataupun yang membutuhkan fisik dan tenaga, Hartopo memberi kelonggaran untuk melepas masker. Namun, setelah dilakukannya lomba peserta wajib memakai kembali maskernya.

“Sehingga harus tetap membawa masker,” kata dia.

Kemudian dalam permainan lomba makan kerupuk, Hartopo juga mengingatkan untuk tetap menjaga jarak satu sama lain. “Terpenting semua protokol kesehatan dipatuhi,” tandas dia.

Sementara Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus Harso Widodo mengatakan, Pemkab Kudus tidak menggelar acara khusus untuk memeringati hari kemerdekaan Indonesia tersebut.

Hanya, perayaannya akan diacarakan secara internal di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Tidak ada acara secara global, hanya memang diperingati di internal masing-masing OPD saja.” lanjut dia.

Hal tersebut, kata dia, juga bertujuan untuk mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak massa. OPD pun diberi kelonggaran untuk membuat kegiatan yang memenuhi standart protokol kesehatan.

“Seperti di Kaliwungu, dia merayakannya dengan menggelar lomba film pendek,” jelas dia.

Sementara untuk pelaksanaan upacara bendera, Pemkab Kudus hanya akan menggelarnya secara terbatas. Dengan peserta dari kalangan internal saja.

“Pelaksanaannya dilakukan di halaman Pendapa Kabupaten Kudus,” tandas dia.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...