Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SOP Pariwisata di Karimunjawa Mulai Disosialisasikan, Tapi Pembukaan Masih Belum Jelas

MURIANEWS, Jepara – Bagi mereka yang ingin segera berkunjung ke Karimunjawa, tampaknya harus bersabar. Sebab sampai saat ini kepastian mengenai kapan kawasan wisata ini akan dibuka belum ada kejelasan.

Meskipun demikian, Standart Operating Procedure (SOP) kepariwisataan di kawasan luar Kabupaten Jepara ini sudah disosialisasikan.

Kabid Destinasi Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Nur Zuhruf menyatakan, hingga kini pihaknya memang belum memastikan kapan pariwisata di Karimunjawa bisa dibuka. Sejak pandemi Covid-19, kawasan ini memang ditutup untuk kepentingan keselamatan warganya.

Namun diakuinya, untuk SOP wisata alam sudah disosialisasikan oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa. Sosialisasinya dilakukan secara daring dan diikuti pihak-pihak terkait.

Beberapa OPD terkait, PT ASDP, para pelaku wisata, hingga petinggi Desa Karimunjawa dan Kemojan, mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

“Sosialisasi SOP wisata alam dilakukan oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa sudah dilakukan. Kegiatan ini dilakukan untuk persiapan reaktivasi wisata alam di taman nasional karimunjawa,” ujar Nur Zuhrub, Kamis (13/8/2020).

Di dalam SOP yang disampaikan secara tegas mengatur mengenai apa dan bagaimana penerapan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan di lokasi wisata dan dalam kegiatan wisatanya.

Dari sosialisasi tersebut juga terjadi sebuah diskusi, yang akhirnya memunculkan beberapa masukan. Masukan-masukan yang relevan akan digunakan untuk menyempurnakan SOP yang sudah disiapkan.

Meski sudah disiapkan SOP, Pemkab Jepara sendiri sampai sejauh ini masih akan melakukan kajian secara pasti mengenai kemungkinan kapan akan membuka kawasan wisata Karimunjawa. Sampai saat ini, situasi pandemi Covid-19 di Jepara masih belum menunjukan perkembangan yang bagus.

Kecenderungan masih terjadi penularan Covid-19 masih berlangsung, sehingga keputusan kapan akan dibuka masih belum bisa dipastikan.

“Kalau kapan akan dibuka kembalinya, sampai sejauh ini kami belum bisa memastikan. Namun paling tidak, saat ini sudah ada SOP yang siap digunakan jika nantinya memang akan dibuka. Kita persiapan dulu dalam hal ini,” tambah Nur Zuhrub.

Dari kalangan DPRD Jepara, Plt Ketua DPRD Jepara, Junarso meminta agar Pemkab Jepara tidak terburu-buru dalam memutuskan hal ini. Secara terpisah Junarso meminta agar Pemkab Jepara menjadikan kesehatan dan keselamatan masyarakat sebagai prioritas utama dalam mengambil keputusan dalam persoalan ini.

“Masalah kesehatan dan keselamatan masyarakat harus menjadi prioritas dalam persoalan ini. Kami minta Pemkab Jepara tidak terburu-buru dalam membuka kawasan pariwisata di Karimunjawa ini. Harus dipertimbangkan dengan matang,” imbuhnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...