Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Datangi Anggota Dewan, Warga Tlogosari Pati Minta Perangkat Desa Dipilih Langsung

MURIANEWS, Pati – Warga Dukuh Njugo, Desa Tlogosari, Kecamatan Tlogowungu melakukan audiensi dengan DPRD Pati, Kamis (13/8/2020). Mereka meminta agar pemilihan Kepala Dusun (Kadus) di desa tersebut dilakukan secara langsung per Kepala Keluarga (KK).

Perwakilan warga Dukuh Njugo Sumarsono mengatakan, untuk pengisian Kadus tersebut, warga menghendaki adanya pemilihan langsung per KK. Bahkan warga saat ini juga sudah mempunyai calon yang dirasa tepat untuk memimpin Dukuh Njugo.

“Alasan warga, karena selama ini terjadi simpang siur. Terkadang Kadus yang ditunjuk tidak sesuai dengan keinginan warga. Bahkan terkadang juga kurang bermasyarakat,” katanya.

Menjawab hal itu, Kabag Tata Pemerintahan Setda Pati Sukardi mengatakan, aturan terkait pengisian perangkat desa itu sudah ada dalam Permendagri Nomor 83 Tahun 2016 yang kemudian dirubah dalam Nomor 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Tercatat pada pasal 7 ayat 4 berbunyi, pengisian perangkat desa yang kosong diisi dengan mutasi antar perangkat desa. Kemudian model pengisian yang kedua adalah penjaringan dan penyaringan.

“Dalam permendagri itu tidak diatur pemilihan perangkat desa secara langsung dengan menggunakan KK,” terangnya.

Kemudian merujuk pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor 45 Tahun 2020 tentang Perangkat Desa, terutama pada pasal 64 ayat 1. Dalam pasal tersebut penjelasannya juga sama atau sesuai dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 itu.

“Sejak adanya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, kita tidak mengenal pemilihan langsung perangkat desa, yang kita kenal hanya pemilihan langsung kepala desa,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...