Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tanah Pasar Seleko Tiba-Tiba Jadi Milik Perorangan, Warga Semampir Pati Gelar Aksi di Depan DPRD

MURIANEWS, Pati – Puluhan warga Desa Semampir, Kecamatan Pati melakukan unjuk rasa di depan kantor DPRD Setempat, Rabu (12/8/2020). Mereka mempertanyakan ketidakjelasan peralihan hak atas tanah di Pasar Seleko Pati.

Kades Semampir Pramono mengatakan, aksi tersebut memang berdasarkan keinginan warga. Mereka secara langsung meminta kepada wakil rakyat agar peralihan tanah pasar sepeda itu diperjelas.

“Ini kan tanah milik pemda, digunakan sebagai pasar sepeda dengan status hak pakai. Lha ini tiba-tiba kok sudah menjadi hak milik perorangan,” katannya.

Menurutnya, peralihan hak ini dirasa ada kejanggalan. Proses pelelangannya pun, warga juga tidak mengetahui. Namun, tiba-tiba berdiri ruko-ruko dengan kepemilikan perorangan.

“Kalau pun itu dilelang, kan lebih baik kalau diberitakukan kepada warga atau pihak desa. Nanti kan bisa dimanfaatkan warga menjadi fasilitas umum,” tegasnya.

Sementara salah seorang yang dituakan di Desa Semampir Tohari mengatakan, memang status tanah di Pasar Seleko itu adalah hak pakai dengan nomor 236. Namun, dalam dokumen peralihan, nomornya justru tertulis dengan angka 238.

“Itu kan dokumen, tapi ditulisnya kok tidak dicek dulu. Nulis surat keputusan kok tidak sesuai dengan asalnya,” terang Tohari.

Dirinya juga meminta agar wakil rakyat segera menindaklanjuti peralihan hak tanah tersebut. Apalagi, sebelumnya warga juga sudah melakukan audiensi dengan anggota dewan terkait permasalahan yang sama.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...