Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bayu Andriyanto Kembali Maju Jadi Cawabup Rembang, Berpasangan dengan Harno

MURIANEWS, Rembang – Setelah pecah kongsi dengan Bupati Rembang Abdul Hafidz, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto dipastikan akan kembali berkontestasi dalam Pilkada Rembang 2020. Ia kembali maju sebagai bakal calon wakil bupati, berpasangan dengan politisi Partai Demokrat, Harno.

Pasangan Harno-Bayu ini disebut-sebut akan diusung oleh sejumlah parpol yakni Partai Demokrat, Nasdem, Hanura, Gerindra, dan PKS. Mereka membentuk koalisi bernama Koalisi Rembang Maju Bersama.

Gunasih, jubir koalisi ini mengatakan jika posisi cabup-cawabup yang akan diusung itu sudah final.

“Sudah pasti, calon Bupatinya Pak Harno dan calon wakil bupati Mas Bayu Andriyanto. Kalau itu sudah fix 100 persen,” katanya dikutip dari R2B Rembang¸Selasa (11/8/2020).

Ia menyebut, dua nama itu telah dikirim ke DPP parpol masing-masing untuk dimintakan rekomendasi. Diperkirakan rekomendasi akan turun pada pekan ini.

Meski demikian, jika nantinya terjadi perubahan nama di tingkat DPP, pihaknya yakin pasnagan ini tetap bisa melaju. Pasalnya Demokrat dan Nasdem sudah bisa dipastikan akan memberikan rekomendasi.

Partai Demokrat tercatat mempunyai empat kursi di DPRD Rembang, sementara Nasdem mempunyai tujuh kursi. Dengan bekal 11 kursi ini, sudah cukup untuk memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan pasangan calon ke KPU.

“Pengurus partai tingkat kabupaten dan provinsi kan hanya mengusulkan, paling banter mengawal. Apapun keputusan pusat, kita hormati. Jika berubah, yang jelas Nasdem dan Demokrat sudah aman untuk mengajukan satu pasangan calon. Tapi semoga enggak berubah, “ ujarnya.

Baca: Pecah Kongsi, Bayu Andriyanto Resmi Cabut Berkas Pendaftaran di Bursa Cawabup PPP Rembang

Gunasih berpendapat pasangan Harno dan Bayu Andriyanto tidak begitu perlu menggelar deklarasi secara formal di depan banyak orang. Terlebih sejak awal, timnya sudah bergerak ke tingkat desa-desa. Kalau pun nanti ada deklarasi, menurutnya cukup diadakan secara sederhana saja.

“Bahkan saat ini sudah terjun sampai ke tingkat TPS. Deklarasi harusnya kan awal, baru kita turun. Tapi ini kebalik, kita turun ke bawah dulu, baru deklarasi. Saya kira deklarasi sederhana saja, nggak perlu ramai-ramai,“ terangnya.

Pasangan ini nantinya akan melawan bupati petahan Abdul Hafidz yang diusung oleh PPP. Namun hingga kini belum ada kepastian siapa yang akan menjadi cawabup mendampingi Hafidz.

Sejumlah nama yang santer yakni Arifin dan Zaimul Umam (Gus Umam). Keduanya juga mendaftar di bursa cawabup yang dibuka PPP. Saat ini rekomendasi dari DPP PPP tengah ditunggu.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: R2B Rembang

Comments
Loading...