Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Koperasi di Pati Didorong Berikan Pinjaman Berkualitas

MURIANEWS, Pati – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Miro dan Menengah (Dinkop dan UMKM) mendorong semua koperasi di Pati agar memberikan pinjaman berkualitas. Selain untuk keamanan koperasi juga untuk memberikan pelayanan kepada nasabah yang benar-benar produktif.

Kasi Pemberdayaan dan Pelatihan Koperasi pada Dinkop dan UMKM Pati Nanik Indriyati mengatakan, untuk memberikan pinjaman berkualitas, pegawai koperasi harus benar-benar melakukan seleksi kepada nasabah. Sehingga, tidak semua nasabah dalam hal ini langsung diberikan pinjaman.

“Kan banyak nasabah tidak hanya pinjam pada satu koperasi. Nah, ini harus di survei dulu, bagaimana pembayaran angsurannya, bagaimana kondisi keuangannya,” terangnya.

Untuk menajamkan pemahaman tersebut, pihaknya pun menggelar pelatihan dengan tema menyusun kebijakan dan strategi peminjaman bagi koperasi simpan pinjam bagi pelaku koperasi di Aula Dinkop dengan narasumber dari Lembaga Diklat Profesi Sinar Muria Pati.

Nanik menambahkan, strategi peminjaman ini penting agar keberlangsungan koperasi tetap terjaga. Dia juga menilai, ada banyak koperasi di Pati yang kurang pandai dalam mengelola atau memberikan pinjaman secara berkualitas.

“Banyak koperasi yang kurang lancar (dalam pembiayaannya). Seharusnya kan dalam pinjaman itu ada syaratnya, ada agunanya dan harus ada survei,” imbuhnya.

Apabila koperasi memberikan pinjaman kepada anggota tetapi tidak disertai dengan penyertaan agunan, menurutnya itu sangat beresiko tinggi. Bahkan bisa jadi timbul masalah.

Dalam pelatihan ini, pihaknya juga menekankan agar koperasi dapat menambah volume peminjaman. Dengan begitu, perkembangannya tentu akan semakin baik.

“Peningkatan volume peminjaman ini juga harus berdasarkan prinsip kehati hatian, seperti pinjaman berkualitas itu,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...