Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Penyebaran Covid-19, Santri Kajen Pati Ciptakan Aplikasi Esgo

MURIANEWS, Pati – Berbagai upaya terus dilakukan Forum Komunikasi Pengasuh Pesantren Kajen (FKPPK) untuk menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari para santri yang dilakukan secara online.

Dalam hal ini FKPPK membuat trobosan aplikasi bernama Ekspedisi Santri Go (Esgo). Esgo sendiri merupakan layanan jasa seperti jasa antar makanan, belanja, ambil barang, jemput anak sekolah, kirim uang ke santri pondok, jasa antar surat, dan fotocopy.

CEO Esgo Isyrokh Fuaidi mengatakan, Esgo dikelola oleh tim khusus dengan manajemen profesional. Produk layanan yang diberikan pun lebih beragam dan mengutamakan produk dan bidang usaha lokal desa Kajen dan sekitarnya.

“ES itu adalah singkatan dari Ekspedisi Santri. Sedangkan kata GO merupakan bahasa khas Pati. Meski awalnya untuk memenuhi kebutuhan logistik pondok pesantren saja, tapi pada pelaksanaannya dapat juga dimanfaatkan oleh masyarakat umum di wilayah Kajen sehingga memiliki dampak positif yang lebih luas,” jelasnya, Selasa (11/8/2020).

Meski teknis pemesanannya dilakukan secara online, perangkat yang digunakan Esgo cukup sederhana dan tidak menggunakan aplikasi canggih berbasis android, melainkan berbasis Web. Bukan tanpa alasan, penggunaan web ini lantaran para santri tidak diperbolehkan menggunakan gawai.

“Ekspedisi ini memang didesain secara sederhana karena berbasis web sehingga cukup dibuka menggunakan browser dan customer mengisikan pesanannya secara online,” imbuhnya.

Dirinya berharap, dengan adanya Esgo tersebut para santri tidak perlu hawatir untuk mencukupi kebutuhan hariannya. Tim Esgo akan siap mengantarkan apa yang mereka butuhkan.

“Disamping itu juga lebih aman. Apalagi, santri saat ini kan tidak bisa bebas keluar masuk pesantren,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...