Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pekerja Tak Perlu Datangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk Daftar Program Subsidi Gaji

MURIANEWS, Kudus – Pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta yang memenuhi syarat untuk program subsidi gaji tidak perlu datang langsung ke Kantor Peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mendaftarkan nomor rekening banknya. Pasalnya, pihak perusahaan tempat mereka bekerja yang akan mendaftarkan secara kolektif.

Meaki demikian diharapkan para pekerja ikut aktif memberikan nomor rekening kepada perusahaan.

“Jadi nanti PIC dari perusahaan yang mendaftarkan nomor rekening dan data para pekerja ke kami. Para pekerja tidak perlu datang ke sini,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus Ishak, Senin (10/8/2020) sore.

Ia menyatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 15.000 peserta di wilayah eks-Karisidenan Pati yang datanya sudah masuk ke sistem. Sedangkan untuk peserta yang terdata dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus ada 280 ribu tenaga kerja.

“Jumlah tersebut didominasi dari Kudus. Yakni ada 180 ribu tenaga kerja. Jumlah itu tidak semua memenuhi persyaratan. Jadi kami sementara menargetkan 100 ribu tenaga kerja yang aktif membayar iuran, dan sesuai persyaratan akan kami ajukan,” ujarnya.

Terkait adanya keluhan server SIPP down, ia mengaku, pihak perusahaan bisa menggunakan opsi lain selain SIPP, yakni mendaftarkan melalui e-mail.

Terlebih menurutnya, masih banyak juga perusahaan yang belum menggunakan SIPP. “Jadi perusahaan memiliki opsi lain seperti melalui email dengan format yang sudah kami berikan,” ucapnya.

Baca: Pendataan Rekening Dimulai, 100 Ribu Pekerja di eks-Karesidenan Pati Akan Diajukan Program Subsidi Gaji

Sementara Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus Budi Hananto menegaskan sebenarnya server BPJS Ketenagakerjaan tidak dalam kondisi down, hanya saja butuh waktu untuk proses verifikasi untuk memasukkan data-data tersebut.

“Jadi kami juga membutuhkan waktu, sebenarnya server bukan down dan jika sabar menunggu sekitar 10 hingga 15 menit pasti bisa. Selain itu, ada juga opsi lain seperti melalui email untuk mengirimkan data tersebut.” Jelasnya.

Jika melalui email, lanjut Budi, bisa menyampaikan template data berupa file excel yang berisi data seluruh karyawan, meliputi, nama lengkap, nama bank, nomor rekening, dan juga nama rekening.

“Perusahaan yang sudah menggunakan payrol bank lebih mudah untuk mengajukan, karena biasnya data nomor rekening juga sudah lengkap. Yang agak susah, perusahaan yang menengah kecil, kadang ada yang belum memiliki rekening dan harus membuat rekening terlebih dahulu,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...