Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pandemi Corona, Harga Jual Cabai di Kudus Anjlok

MURIANEWS, Kudus – Harga jual cabai di tingkat petani di Kabupaten Kudus anjlok seiring merebaknya pandemi corona. Penurunannya pun sampai menyentuh angka Rp 4 ribu per kilonya.

Salah satu petani cabai di Desa Setrokalangan, Mulyono (45) mengatakan, semenjak pandemi merebak, harga cabai hanya berkisar Rp 4 ribu hingga  Rp 8,5 ribu per kilogramnya.

Padahal, saat musim sebelumnya harga jual cabai tersebut bisa mencapai Rp 45 ribu per kilogram. “Kalau bagus harganya itu Rp 40 ribu sampai Rp 50  ribu‎ per kilogram,” katanya, Senin (10/8/2020).

Tak hanya itu, adanya kemarau panjang saat ini juga membuat biaya operasional makin membengkak. Mengingat banyak tanamannya diserang berbagai macam hama. “Mulai dari ulat, sampai patek (serangga), biayanya jadi tinggi,” lanjutnya.

Pihaknya pun berharap ada bantuan pembiayaan dari pemerintah kepada para petani. Terlebih, kata dia, selama pandemi corona ini. “Karena selama ini kami memang dari dana sendiri,” jelas dia.

‎Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Fathan menilai, fungsi perbankan belum maksimal dalam mendorong sektor pertanian. Dia pun menemukan masih banyak petani yang menggunakan biaya sendiri untuk kebutuhan ladangnya.

“Saya cek lapangan‎ tentang pembiayaan dan akses perbankannya ternyata masih ada yang swadana. Fungsi perbankan belum memberikan dukungan di sektor pertanian,” ucapnya saat melakukan reses di Kudus.

Pihaknya pun mendukung, agar petani bisa memperoleh bantuan pembiayaan. Sedangkan petani yang telah mengakses perbankan,  bisa melakukan restrukturisasi pembiayaan.

Mulai dari memperpanjang masa pinjaman atau ‎penangguhan terhadap pembayaran bunga. “Fungsi bank sebagai intermediasi antara pedagang kecil, dan petani ini harus berjalan,”  jelas dia.

Selain melakukan kunjungan ke petani cabai, pihaknya juga mengunjungi sejumlah petani lainnya. Yakni petani jambu dan petani kopi di Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...