Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gaji ke-13 PNS di Kudus Belum Bisa Cair Hari Ini

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memastikan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Kudus bakal cair pekan ini. Walau memang, sesuai arahan dari Kemenpan-RB, gaji ke-13 PNS seharusnya bisa dicairkan Senin (10/8/2020) hari ini.

“Hari ini belum bisa, namun kalau pekan ini pasti bisa,” kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) kudus Eko Djumartono, Senin (10/8/2020) siang.

Pihak BPPKAD sendiri, lanjut Eko, masih melakukan penyusunan daftar gaji yang akan diterima PNS. Sehingga pencairannya memang harus menunggu pekerjaan tersebut rampung terlebih dahulu. “Jika sudah, maka akan segera cair,” kata dia.

Eko menyebut, pemberian gaji ke-13 ini memang  tidak semua PNS bisa menerimanya. PNS penerima, hanya PNS golongan III ke bawah.

Eko menambahkan, pencairan gaji ke-13 PNS kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya gaji ke-13 dicairkan pada masa pergantian tahun ajaran baru di bulan Juli.

Namun, karena pemerintah tengah fokus dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19), pencairan gaji ke-13 mundur menjadi awal Agustus ini.

“Pemerintah juga telah memutuskan hanya golongan III ke bawah yang menerima gaji ke-13,” jelas dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo akhirnya menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pun akhirnya menerbitkan aturan terkait hal ini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...