Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Jabatan Wakil Bupati Jepara, PDI Perjuangan Tunggu Bupati

MURIANEWS, Jepara – Isu pengisian jabatan Wakil Bupati Jepara, terus menggelinding deras. Sejumlah kalangan DPRD Jepara meminta agar posisi wakil Bupati Jepara yang kosong segera diisi agar pemerintahan Jepara bisa berlangsung efektif dan maksimal.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PDI Perjuangan Andang Wahyu Triyanto menyatakan, tidak menutup mata dengan permintaan tersebut. Ia bahkan mengaku sudah melakukan pembahasan-pembahasan mengenai pengisian tersebut.

Secara legal formal, pengisian jabatan posisi wakil bupati Jepara masih dimungkinkan. Sesuai dengan aturan, pengisian jabatan wakil bupati bisa dilakukan jika masih menyisakan minimal 18 bulan masa jabatan.

”Untuk masa jabatan di Jepara sendiri, masih lebih dari 18 bulan. Dengan demikian, pengisian jabatan itu secara aturan masih memungkinkan. Kami juga sudah melakukan pembahasan di internal. Secara umum, Bupati Jepara juga sepaham dan tinggal menunggu proses lebih lanjut,” ujar Andang Wahyu Triyanto, Senin (10/8/2020).

Proses pengisian jabatan Wakil Bupati Jepara, akan dimulai dengan penyampaian surat permohonan dari Bupati Jepara ke DPRD Jepara. Setelah ada surat nantinya DPRD Jepara akan memprosesnya dengan meminta partai pengusung untuk menyiapkan calon pejabatnya.

Namun sampai saat ini Bupati Jepara belum menyampaikan permohonan ke DPRD Jepara.

Dalam rapat internal PDI Perjuagan, pihaknya sudah menyarankan ke Bupati Jepara agar segera memproses pengisian jabatan wakil bupati ini. Sebab, apa yang telah berkembang bagaimanapun merupakan sebuah aspirasi yang harus direspon.

Dalam hal ini, Bupati Jepara dalam beberapa rapat koordinasi juga sudah menyatakan sepaham mengenai hal ini.

“Jadi saat ini kalau soal issu pengisian jabatan Wakil Bupati Jepara sebenarnya bola ada ditangan Bupati Jepara. Kami sudah melakukan pembahasan, dan tinggal menunggu proses yang dimulai Bupati Jepara. Kami menunggu proses normativenya berjalan,” tambah Andang Wahyu Triyanto.

Lepas dari hal itu, Andang mengakui saat ini sudah ada beberapa orang yang yang menyatakan bersedia atau beminat menjadi Wakil Bupati Jepara. Artinya, ada pihak-pihak yang sudah melakukan komunikasi secara informal dengan DPC PDIP Perjuangan.

Jumlanya lebih dari dua orang, baik dari kader, simpatisan PDI Perjuangan sendiri atau dari kalangan eksternal.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...