Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Sektor Perekonomian Pati Bertahan di Angka 5,86 Persen

MURIANEWS, Pati – Meski di tengah gelombang pandemi Covid-19, namun sektor perekonomian Kabupaten Pati bertahan diangka 5,86 persen. Hal ini jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan daerah lain, bahkan perekonomian nasional yang mengalami penurunan.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, pertumbuhan perekonomian di Pati melebihi provinsi 5,41 persen dan nasional hanya 5,02 persen. Menurutnya, ini sebuah capaian yang cukup baik, apalagi di tengah Covid-19 pihaknya masih mempertahankan sektor perekonomian itu.

Lebih lanjut, pada 2017 kenaikan sektor perekonomian di Kabupaten Pati yakni 5,67 persen. Kemudian 2018 naik lagi 5,72 persen, dan 2019 merengkak naik 5,86 persen.

“Meski pencapaian program belum 100 persen, namun dalam dua tahun ke depan tentunya dengan dukungan masyarakat, kami akan menyelesaikan program-program dengan optimal,” katanya, Jumat (7/8/2020).

Selain pertumbuhan ekonomi, dia mengaku untuk kesejhateraan masyarakat kabupaten Pati juga kian meningkat. Hal itu dilakukan melalui program padat karya yang ada di masing-masing desa.

“Kita berharap, meksipun Pati sebagai kota kecil tetapi tingkat kesejahteraannya semakin baik, pertumbuhan ekonominya semakin maju,” harap Haryanto.

Sementara itu Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menambahkan, pertubuhan sektor perekonomian di Kabupaten Pati sudah berjalan baik. Hal itu lantaran pihaknya selama ini memperkuat sektor perekonomian, pertanian, perikanan dan UMKM.

“Dari pertubuhan perekonomian di Kabupaten Pati juga mengurangi angka kemiskinan. Secara umum, periode 2017-2019 ini tingkat kemiskinan di Pati mengalami penurunan. Baik dari sisi jumlah maupun presentasinya,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...