Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDIP Diminta Bisa Segera Isi Posisi Wakil Bupati Jepara

MURIANEWS, Jepara – Kalangan DPRD Jepara menilai, sudah waktunya PDI Perjuangan bisa segera memproses pengisian jabatan Wakil Bupati Jepara yang selama ini kosong. Sebab kekosongan jabatan Wakil Bupati Jepara yang terlampau lama dapat mengganggu kinerja pemerintahan di daerah.

Bupati Jepara Dian Kristiandi dan PDI Perjuangan selaku partai pengusung, diharapkan bisa segera memulai proses ini.

Salah satu anggota DPRD Jepara KH Nuruddin Amin mengatakan pengisian jabatan Wakil Bupati tersebut dirasakan diperlukan jika melihat dinamika yang terjadi di Jepara. Sesuai dengan UU, maka pengisian jabatan ini proses awalnya memang harus dilakukan sendiri oleh PDI Perjuangan.

“Tanpa bermaksud mencampuri urusan partai lain, saya kira sebaiknya posisi Wakil Bupati Jepara bisa segera diisi. Hal ini untuk mengefektifkan pelayanan kepada warga masyarakat,” ujar Wakil Ketua DPRD Jerpara yang juga Ketua DPC PKB Jepara itu, Jumat (7/8/2020).

Pendapat yang hampir sama juga disampaikan politisi asal Gerindra, Purwanto. Menurutnya, tidak adanya wakil bupati membuat tugas pemerintahan di Jepara menjadi seperti berjalan maksimal.

Dalam proses penanganan Covid-19 di Jepara, hal itu sangat terlihat. Bupati Jepara yang seperti sendirian seperti kewalahan menghadapi tantangan ini.

“Kalau melihat dinamika yang ada saat ini, terutama adanya pandemi Covid, kami kira sudah waktunya ada Wakil Bupati yang ditunjuk. Hal ini dilakukan agar Bupati Jepara bisa mendapatkan support didalam masalah covid ini. Ini menurut kami,” ujar Purwanto, dalam kesempatan terpisah, Jumat (7/8/2020).

Senada, Choirul Anwar, anggota DPRD Jepara dari PKS juga menyampaikan pendapat yang sama. Terutama terkait dinamika terkini yang masih diwarnai dengan pandemic, kebutuhan wakil bupati menurutnya sudah dibutuhkan.

Kekosongan jabatan di posisi wakil Bupati, dinilai membuat bupati tidak bisa full power konsentrasinya dalam melaksanakan tugas penting dan mendesak.

“Apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini dimana Bupati memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebab juga sekaligus menjabat juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” tegas Choirul Anwar.

Dian Kristiandi sendiri sebelumnya merupakan Wakil Bupati dari pasangan yang diusung PDI Perjuangan. Menyusul adanya kasus hukum yang dihdapi oleh Marzuki yang sebelumnya terpilih sebagai Bupati Jepara, akhirnya Dian Kristiandi menjadi Plt Bupati Jepara sejak Mei 2019.

Setelah kasus hukum Marzuki inkrah, akhirnya pada 2 Juni 2020 Dian Kristiandi dilantik menjadi Bupati Jepara Definitif. Hal ini membuat posisi Wakil Bupati Jepara, kosong hingga saat ini.

Sesuai dengan aturan yang ada, Dian Kristiandi berhak meminta agar posisi wakil bupati segera diisi. PDI Perjuangan selaku partai pengusung bisa memproses hal ini.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...