Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Direktur Teknik PDAM Kudus Diisi Yan Laksmana, Juga Jalankan Tugas Dirut

MURIANEWS, Kudus – Jabatan Direktur Teknik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus yang sebelumnya kosong, resmi dipegang Yan Laksmana. Pelantikannya pun dilakukan langsung oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (6/8/2020).

Yan secara otomatis akan mengepalai seluruh direktur di perusahaan daerah tersebut. Sementara Dewan Pengawas (Dewas) Dio Hermansyah Bakrie yang sebelumnya diutunjuk sebagai Plt Direktur Utama (Dirut) , akan kembali ke jabatannya semula.

“Secara langsung Plt (Dio Hermansyah) akan kembali sebagai Dewas, sementara direktur teknik bisa menjalankan tugas dirut,” kata Hartopo.

Soal saran dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng terkait susunan direksi di Perusda air tersebut, di mana sebaiknya ada tiga direktur dan tiga pengawas, Hartopo mengatakan akan segera melakukannya. “Pelan-pelan kami akan melengkapi ini,” ucap Hartopo.

Hanya memang, pihaknya merencanakan dua dewan pengawas lainnya berasal dari internal pemerintahan. Mengingat satu dewas berstatus dari luar pemerintahan.

“Karena sudah satu yang dari luar, dua lainnya nanti dari dalam yang menguasai,” kata dia.

Sementara terkait kinerja PDAM ke depan, Hartopo berharap direktur teknik yang baru bisa memperbaiki citra dan kinerja PDAM. Sehingga pelayanan pada masyarakat bisa berjalan dengan lancar kembali.

Hartopo pun menekankan ada tiga poin yang harus dilaksanakan dan dibangun direktur baru. Yang pertama adalah integritas. “Kalau bisa buat pakta integritas supaya bersungguh-sungguh,” lanjutnya.

Kemudian, kata Hartopo, adalah keharmonisan dalam bekerja. Sehingga tidak ada sekat antarpegawai. Sedangkan yang ketiga adalah transparan.

Baca: Direktur PDAM Kudus Ditahan Kejati Jawa Tengah

Selain itu, Hartopo juga membebankan peningkatan income dan kualitas pelayanan pada masyarakat. Itu dilakukan karena PDAM Kudus memiliki dua aspek, yakni sosial dan ekonomi.

“Semua juga dilakukan untuk menyejahterakan masyarakat Kudus,” jelas dia.

Sementara Yan Laksmana mengaku siap menjalankan tugasnya sebagai direktur teknik yang baru. Pihaknya pun akan fokus memperbaiki PDAM dan meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. “Tentu kami akan bekerja semaksimal mungkin,” kata dia.

Sementara soal kasus yang menimpa Direktur Utama Ayatullah Humaini, pihaknya belum bisa berbicara banyak. Dia akan menghargai proses hukum yang berlaku.

Yan sendiri, juga sempat dipanggil dalam kasus tersebut. Dia dimintai keterangan bersama sejumlah kepala bagian di PDAM.

“Saya ditanya apakah saya mengerti terkait rekrutmen ini, saya tidak tahu karena saya tak terlibat di panitia, dan selebihnya saya ditanya datar,” jelas dia.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...