Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPS Kudus Butuh 529 Petugas Wawancara Sensus Penduduk, Ribuan Orang Sudah Melamar

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus mulai menggelar proses rekrutmen petugas untuk tahap wawancara sensus penduduk. Rekrutmen sudah dimulai Selasa (4/8/2020) hingga Kamis (6/8/2020) secara online.

BPS Kudus membutuhkan 529 orang sebagai petugas sensus. Selain itu, juga dibutuhkan 39 orang sebagai koordianor sensus kecamatan (Koseka).

“Untuk petugas sensus bisa diambilkan dari masyarakat umum dan diutamakan yang berdomisili asli di desa wilayahnya. Sedangkan untuk koseka diutamakan pegawai BPS, tapi nanti ada juga yang diambilkan dari umum,” kata Ida Sofiarini, Kasi Statistik Sosial BPS Kudus Rabu (5/8/2020).

Ia menyatakan hingga pagi tadi sudah ada 2.700 peserta yang mendaftar menjadi petugas sensus penduduk 2020.

“Kemungkinan karena pandemi ini banyak yang kehilangan pekerjaan, dan banyak juga lulusan baru. Jadi memang banyak, dan sangat dimungkinkan akan bertambah,” ucapnya.

Untuk teknis pendaftarannya, para peserta bisa mendaftar melalui link s.bps.go.id/MitraSP2020Kudus mulai tanggal 4 hingga 6 Agustus besok. Sedangkan untuk ujian seleksi bisa dilakukan pada Jumat.

“Jadi peserta akan melakukan ujian melalui online dari mulai jam 09.00-10.00 WIB. Setelah itu hasil seleksi akan di umumkan pada Rabu (12/8/2020) melalui s.bps.go.id/HasilSeleksiSP2020Kudus,” terangnya.

Menurutnya, karena masih dalam masa pandemi para petugas tidak akan dibekali pelatihan secara tatap muka. Namun, akan diberikan materi atau buku yang dipelajari secara mandiri. “Untuk koseka pelatihannya melalui e-learning,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...