Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kirim Dubes ke Jepara, India Tertarik Tanamkan Investasi di Kota Ukir

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, mendapatkan kehormatan dengan kedatangan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat.

Tamu kehormatan tersebut disambut dengan sederhana di tengah pendemi Covid-19 yang masih berlangsung di Jepara. Mereka pun diterima di Ruang Pringgitan Pendapa Kabupaten Jepara, Rabu (5/8/2020).

Sekda Jepara Edy Sujatmiko menemui Dubes India tersebut bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jepara Ratib Zaini, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jepara Mudrikatun.

Sejumlah isu kerja sama antardua wilayah dibicarakan untuk kemungkinan pengembangan kerja samanya.

Sekda mengatakan, selama ini Jepara sudah menjalin kerja sama dengan para pengusaha India khususnya terkait industri furniture. Kerajinan furniture, yang menjadi potensi andalan Jepara saat ini juga sudah banyak dikembangkan oleh para pengusaha asal India.

Namun pada perkembangan terkini, karena pandemi Covid-19, usaha furniture juga berdampak.

“India tentu saja cukup memberi pengaruh terhadap perkembangan kerajinan furniture Jepara. Jepara sudah menjalin kerja sama ekspor furniture ke India, dan ini sudah cukup lama. Mudah-mudahan dengan kedatangan Duta Besar India ke Jepara, kerja sama ini bisa lebih ditingkatkan lagi untuk sektor lainnya,” kata Edy Sujatmiko, Rabu (5/8/2020).

Dubes India Pradeep Kumar sediri menyampaikan, kedatangannya ini tidak sendiri. Dirinya bersama rombongan kecil dari India menjajaki kemungkinan dilakukannya sejumlah kerja sama.

Sejumlah investor dari India ikut serta di dalam rombongan yang dibawanya berkunjung ke Jepara. Mereka tertarik untuk bisa menanamkan modalnya di Jawa Tengah, termasuk Jepara.

Pradeep Kumar juga mengaku terkesan dengan hasil kerajinan furniture kayu di Jepara. Termasuk karya seni patung tiga dimensi yang selama ini dibuat oleh para pengrajin kayu di Jepara.

Pihaknya melihat ada banyak hal yang bisa dikembangkan dalam kerja sama antara India dan Jepara. Peluang itu sangat banyak dan tidak hanya soal furniture saja.

“Kami ingin mendekatkan India dengan Jepara melalui berbagai kerja sama dagang dan bidang lainnya. Karena kami melihat kedua pihak memiliki kemiripan-kemiripan. Kami berharap kerja sama antara investor India dan Jepara dapat direalisasikan dan bisa terjalin intensif.,” Kata Pradeep Kumar, pada kesempatan yang sama.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...