Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Kudus Bisa Buka Lapak Gratis di Pasar Rakyat, Ini Syaratnya

MURIANEWS, Kudus – Masyarakat Kudus bisa mengajukan permohonan untuk membuka lapak secara gratis di Pasar Rakyat yang berada di Kompleks belakang Pasar Baru, Kudus. Pasar tersebut nantinya akan menjadi sentral pedagang produk basah.

Kepala Bidan Pengelolaan Pasar pada Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto mengatakan, semua pedagang produk basah yang berada di Pasar Baru akan ditempatkan menjadi satu di Pasar Rakyat, setelah persiapan sekat antarpedagang selesai.

“Akan ada 198 pedagang basah di Pasar Rakyat, saat ini baru terisi sekitar 40 pedagang. Jadi untuk masyarakat Kudus bisa berjualan secara gratis di Pasar Rakyat jika masih ada tempat kosong setelah semua pedagang basah Pasar Baru sudah menempati,” katanya, Rabu (5/8/2020).

Untuk syaratnya, lanjut Hary, cukup dengan menyertakan surat permohonan untuk berjualan di Pasar Rakyat,menyertakan foto copy kartu tanda penduduk (KTP) dan KK serta menyertakan jenis daganganya.

“Kami prioritaskan untuk warga Kudus. Gratis, tidak ada biaya kontrak ataupun sewa,” jelasnya.

Ia menyatakan, untuk pedagang produk basah yang berada di Pasar Baru wajib bersedia dipindahkan ke Pasar Rakyat.

“Semua wajib mau baik pedagang ikan, ayam, daging, tahu dan pedagang basah lain. Jika tidak mau ya jangan jualan dagangan basah,” ucapnya.

Sementara terkait pedagang yang mengeluh sepinya pembeli di Pasar Rakyat, Ia menyebut semuanya butuh proses. “Pedagang basah jika sudah ditempatkan di Pasar Rakyat nantinya pasti ramai pembeli, dan bisa menjadi sentral pedagang basah,” imbuhnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Rakyat Darso (55) mengaku gratis menggelar lapak di Pasar Rakyat.”Saya sudah lima bulan berjualan di sini semua gratis. Dulu saya menggelar lapak lesehan di Pasar Baru sudah dua tahun,” akunnya.

Pihaknya pun berharap agar Pasar Rakyat bisa segera dipenuhi dengan para pedagang basah. Agar para pembeli tertarik untuk masuk ke dalam Pasar Rakyat dan ada banyak pilihan.

“Ini masih sepi, kadang saya juga sambil berkeliling di Pasar Baru menjual dagangan saya agar laku. Semoga bisa cepat terisi dan ramai pembeli,” tandasnya.

 

Reporter:  Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...