Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

167 Pasien Corona di Kudus Jalani Isolasi Mandiri, Kecamatan Jekulo Paling Banyak

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pasien corona di Kudus yang menjalani isolasi mandiri hingga Selasa (4/8/2020) pagi mencapai 167 orang.

Dari Jumlah tersebut, kecamatan yang paling banyak pasien isolasi mandirinya adalah Kecamatan Jekulo. Dengan total 43 kasus.

Disusul Kecamatan Kota 28 kasus, Kecamatan Mejobo 24 kasus, Kecamatan Jati 19 kasus dan Kecamatan Undaan 13 Kasus.

“Sementara untuk Kecamatan Kaliwungu Dawe dan Gebog ada 11kasus, serta Kecamatan Bae ada tujuh,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus, dokter Andini Aridewi, Selasa (4/8/2020) siang.

Kebanyakan dari pasien yang menjalani isolasi mandiri, lanjut Andini, adalah pasien positif yang tak memiliki gejala klinis. Kemudian sebagian besar dari mereka juga tidak memiliki penyakit penyerta dengan risiko kematian tinggi.

“Apabila memiliki penyakit penyerta dengan risiko kematian tinggi tentu akan menjalani perawatan di rumah sakit rujukan,” kata dia.

Sementara untuk penanganan pasien isolasi mandiri, Andini mengatakan pemantauan akan dilakukan oleh tim Puskesmas setempat. Mereka, akan mengecek kondisi dari pasien yang menjalani isolasi mandiri.

“Apakah kemudian muncul gejala klinis atau tidak, jika keadaannya memburuk akan segera dirawat, ada komunikasi harian,” lanjutnya.

Sementara apabila pasien isolasi mandiri tidak menunjukkan gejala klinis dan kesehatannya semakin membaik. Kemudian pasien juga telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, maka akan dinyatakan sembuh.

“Ini merujuk pada aturan baru kementrian terkait kriteria pasien sembuh,” jelas dia.

Sementara Camat Jekulo Wisnubroto Purnawarman Jayawardana mengatakan, pihaknya terus memantau pasien yang menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Pemahaman jika Covid-19 bukan sebuah aib pun terus disosialisasikan oleh pihaknya.

“Itu dilakukan agar pasien tidak dikucilkan dari masyarakat,” jelas dia.

Sementara hingga Selasa malam, kasus dalam wilayah sudah menyentuh angka 666 kasus. Di mana ada sebanyak 66 pasien menjalani perawatan, 167 pasien menjalani isolasi mandiri, dan ada sebanyak 353 pasien yang sudah sembuh dari corona.

Selain itu ada sebanyak 80 pasien yang meninggal dunia, keseluruhannya karena penyakit penyerta.

Selain itu, Kabupaten Kudus juga turut merawat pasien dari luar wilayah. Hingga pagi ini, Kudus sudah merawat sebanyak 188 pasien terkonfirmasi positif.

Sebanyak 93 di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Kemudian pasien yang menjalani perawatan menyisakan 14 orang dan menjalani isolasi mandiri ada sebanyak 53 orang. Sementara untuk pasien meninggal ada sebanyak 28 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...