Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sempat Tertunda karena Pandemi, Dua Pelatihan Kerja BLK Kudus Mulai Digelar Besok

MURIANEWS, Kudus – Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kabupaten Kudus bakal menggelar dua pelatihan kerja yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19, mulai Selasa (4/7/2020) besok.

Dua pelatihan itu yakni pelatihan handicraft dan prosesing hasil pertanian atau tata boga. Kepala UPTD BLK pada Disnaker Perinkop UKM Kabupaten Kudus Aggun Nugroho mengatakan, pelatihan sebelumnya direncanakan 32 paket.

Namun jumlah itu terpangkas menjadi 16 paket pelatihan yang menggunakan dana APBD senilai Rp 3,2 miliar.

“Setelah adanya realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19, menjadi 16 paket pelatihan saja. Sebanyak 14 pelatihan sudah terlaksana beberapa waktu lalu, ini tinggal dua paket pelatihan,” katanya Senin (3/8/2020).

Ia menyatakan, dana pelatihan APBD tersebut selain digunakan untuk pelatihan juga digunakan untuk pengadaan alat pelatihan, perawatan, dan pendanaan lain yang berkaitan untuk pelatihan kerja.

Sementara untuk dua paket pelatikan yang digelar mulai besok, lanjut Anggun, meliputi pelatihan handicraft dan prosessing hasil pertanian atau tata boga. Menurutnya pelatihan dari dana APBD berbeda dengan menggunakan dana APBN.

“Kalau APBD hanya untuk warga Kudus dan tidak mendapatkan uang saku. Dan yang dari APBN bisa untuk warga luar Kudus dan peserta mendapatkan uang saku,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini peserta dibatasi hanya 16 orang per paket pelatihan, dan para peserta juga diwajibkan menekankan protokol kesehatan.

“Karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Para peserta harus menekankan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan menerapkan physical distancing,” tandasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...