Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Helm Pilot Retro Jadi Ikon Baru Bhabinkamtibmas di Kudus

MURIANEWS, Kudus – Polres Kudus resmi meluncurkan ikon baru Bhabinkamtibmas Candi Polres Kudus 2020 pada Senin (3/8/2020). Hal tersebut dilakukan agar masyarakat mudah mengenal Bhabinkamtibmas di wilayahnya melalui ikon khusus itu.

Ikon baru ini berupa helm pilot retro dan tas ransel, seperti yang kerap dipakai Bripka Herman Hadi Basuki saat memerankan sosok Pak Bhabin.

Launching ikon Bhabinkamtibmas tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Asistensi Polda Jateng AKBP Dwi Ratnawati, Plt Bupati Kudus HM Hartopo, dan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma.

AKBP Dwi Ratnawati mengatakan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dukungan dan keterlibatan masyarakat sangat berpengaruh.

“Sinergitas antara polisi dan masyarakat mutlak diperlukan sebagai sarana pendukung agar terciptanya kondusifitas di lingkungan masyarakat dan sebagai sarana pendukung program kepolisian terlaksana dengan sukses,” katanya.

Ia menyatakan, saat ini ada 4.228 Bhabinkamtibmas di Jawa Tengah sementara jumlah desa dan kelurahan ada 8.562.

“Dari kebutuhan 100 persen baru tercapai sekitar 49 persen di area Polda Jateng. Saat ini Polres Kudus menjadi salah satu yang sudah mencapai target, yakni sudah memiliki 132 Bhabinkantibmas dari total 9 kelurahan dan 123 desa,” ucapnya.

Menurutnya peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak pelayanan Polri dari tingkat desa. Nama Candi merupakan kata sandi yang sering digunakan Polda Jateng dan berkaitan dengan identitas Jawa Tengah. Candi sendiri berarti Cerdas, Agamis, Negosiator, Dedikasi dan Inovatif.

“Bhabinkamtibmas diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai pembina keamanan dan ketertiban di desa binaanya,” imbuhnya.

Sementara Plt Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi  dengan adanya ikon baru Bhabinkamtibmas di Kudus karena posisinya yang berada langsung di tengah masyarakat, utamanya dalam menjaga kondusifitas keamanan, dan kenyamanan di masyarakat

“Saya ucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Kudus yang sudah membantu dalam mencegah persebaran Covid-19. Karna Bhabinkantibmas merupakan salah satu  garda terdepan dalam masyarakat untuk mencegah persebaran, ” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...